Layani masyarakat umum, Klinik Bersalin Polda Kalteng jalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan

id Polda kalteng, klinik bersalin polda kalteng, bpjs kesehatan, kalteng, kalimantan tengah, kapolda irjen dedi prasetyo, palangka raya

Layani masyarakat umum, Klinik Bersalin Polda Kalteng jalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo (tengah) meresmikan Klinik Bersalin Bid Dokkes Polda setempat yang terletak di Jalan Rinjani, Palangka Raya, Jumat, (12/3/2021). (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Klinik Bersalin Bid Dokkes Polda Kalimantan Tengah yang berada di Jalan Rinjani Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya diresmikan oleh Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Kabid Dokkes Polda Kalteng Kombes Pol Danang Pamudji, Jumat, mengatakan, klinik bersalin ini juga bekerja sama dengan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di wilayah setempat.

"Klinik bersalin ini peruntukannya tidak hanya untuk istri dari anggota dan polwan saja, melainkan juga melayani masyarakat umum. Kemudian klinik bersalin ini juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," jelasnya.

Danang menuturkan, hadirnya klinik bersalin tersebut juga bertujuan untuk membantu warga yang tinggal di sekitar klinik, ketika ingin melakukan persalinan di klinik tersebut.

Klinik milik Polda Kalteng itu juga memiliki fasilitas yang memadai, kemudian juga apabila ada tindakan maka pasien juga akan dirujuk ke RS Bhayangkara.

"Rencananya klinik bersalin ini akan buka selama 24 jam, sedangkan untuk dokter jaga ada dua orang, dibantu beberapa perawat yang juga standby (siaga) di klinik untuk memberikan pelayanan," ungkapnya.

Ditambahkan perwira polri berpangkat melati tiga itu, tenaga kesehatan yang bekerja di klinik tersebut juga ada yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga kontrak kemitraan yang sudah direkrut RS Bhayangkara.

Selain klinik bersalin, klinik tersebut juga digunakan untuk melakukan pelayanan penyuntikan vaksin COVID-19.

"Saya harap dengan diresmikannya klinik tersebut, masyarakat yang berada di sekitarnya mendapatkan manfaat, salah satunya para ibu-ibu yang hendak melakukan persalinan," ungkap Danang.

Selain meresmikan Klinik Bersalin Bid Dokkes Polda Kalteng, Kapolda dan Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasari juga melakukan pengecekan ruangan dan fasilitas yang disediakan untuk pelayanan.