Usai pilkades, Bupati Seruyan minta masyarakat tetap kompak

id Pemkab seruyan, bupati seruyan, yulhaidir, kuala pembuang, kondusifitas, uhai, kalteng, kalimantan tengah

Usai pilkades, Bupati Seruyan minta masyarakat tetap kompak

Bupati Seruyan Yulhaidir. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir meminta masyarakat menjaga situasi agar tetap kondusif usai pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 23 desa yang tersebar pada delapan kecamatan.

“Saya harap kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa, agar tetap menjaga kekompakan dan persatuan," kata Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Senin.

Yulhaidir mengingatkan, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan apalagi perpecahan akibat adanya perbedaan pilihan atau pandangan selama pilkades. Untuk itu antara satu dan lainnya harus bisa saling menghargai adanya perbedaan pilihan.

Masyarakat juga diminta tidak mudah terprovokasi oleh oknum tidak bertanggung jawab. Jika mendapat informasi, agar mencari kebenarannya terlebih dahulu, sehingga dengan begitu bisa menjaga situasi yang kondusif.

Lebih lanjut Yulhaidir menjelaskan, pada pesta demokrasi perbedaan pilihan terhadap kandidat termasuk pada pilkades, merupakan hal yang wajar dan lumrah.

“Jadi setiap orang harus bisa menghargai setiap perbedaan, namun harus tetap dalam kerangka persatuan dan kesatuan, demi kemajuan desa, daerah dan negara,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Bumi Gawi Hantantiring itu juga berpesan kepada calon kepala desa yang nantinya diberi kepercayaan oleh masyarakat, jangan sampai tepuk dada. Hendaknya bisa merangkul seluruh elemen masyarakat, termasuk calon kepala desa yang kalah.

“Hendaknya setelah pilkades ini kembali seperti biasa, yang menang jangan tepuk dada, begitu juga yang kalah hendaknya bisa melapangkan dada dan diharapkan bisa saling bekerja sama untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat desa tersebut,” harapnya.

Ia menambahkan setelah pilkades ini, tugas berat akan menanti seorang kepala desa dan seluruh masyarakat dalam membangun desanya, agar lebih maju lagi kedepannya. Semua pihak di desa harus bersama-sama dalam pembangunan agar terwujudnya kesejahteraan.

“Untuk itu, seluruh elemen masyarakat desa, termasuk kepala desa terpilih agar terus membangun semangat kebersamaan dan persatuan untuk menjaga situasi kondusif,” demikian Yulhaidir.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar