Polda Kalteng sukses raih peringkat pertama IKPA 2020

id Polda Kalteng sukses meraih peringkat pertama IKPA 2020, Kalteng, Palangka Raya

Polda Kalteng sukses raih peringkat pertama IKPA 2020

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo (kanan) menerima penghargaan IKPA dengan nilai tertinggi se-Indonesia dari kementerian Keuangan RI di Jakarta, Senin (5/4/2021). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah meraih peringkat pertama dalam Penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) 2020 tingkat se-Indonesia dengan nilai tertinggi.

"Alhamdulillah, Polda Kalteng meraih penghargaan tingkat nasional dalam ajang IKPA Award 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia siang tadi di Jakarta," kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kabid Humas Kombes Pol K Eko Saputro di Palangka Raya, Senin.

Eko mengatakan, IKPA merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN), untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja kementerian negara atau lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, baik efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi.

Penghargaan yang diberikan Kementerian Keuangan RI itu adalah prestasi yang sangat membanggakan bagi Polda Kalimantan Tengah, karena Polda setempat telah mencanangkan Zona Integritas (ZI) pada 2021 ini.

Pencanangan ZI itu artinya semua hal apapun harus dilakukan transparan dan tidak boleh melakukan hal-hal yang melanggar hukum seperti korupsi ataupun kolusi di tubuh Polri.

Baca juga: Brimob Polda Kalteng latihan penanganan OTK antisipasi teroris

"Semoga ke depannya apa yang sudah kami raih bisa dipertahankan, sehingga Polda Kalteng menjadi instansi yang menjadi percontohan buat Polda lainnya di seluruh Indonesia," ungkap EKo.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu berharap, dengan diperolehnya penghargaan tersebut dapat lebih memacu Polda Kalimantan Tengah bersama Polres jajarannya, untuk dapat lebih baik lagi dalam bekerja.

Seluruh personel Polri diminta meningkatkan kinerja dan berintegritas mengawal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), untuk kemakmuran negara dan kesejahteraan masyarakat.

"Semoga apa yang sudah dilakukan bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya di wilayah Polda setempat, serta juga dapat merawat keamanan dan ketertiban masyarakatnya agar terhindar dari gangguan kamtibmas," demikian Eko.

Baca juga: Jalan Trans Kalimantan tergenang air, pengendara diminta berhati-hati