Dankor Brimob apresiasi inovasi mitigasi karhutla Polda Kalteng

id Dankor Brimob apresiasi inovasi mitigasi karhutla Polda Kalteng, Kalteng, Polda Kalteng, Palangka Raya,kalimantan tengah,karhutla, Irjen Pol Dedi Pras

Dankor Brimob apresiasi inovasi mitigasi karhutla Polda Kalteng

Dankor Brimob Polri Irjen Pol Anang Revandoko (dua dari kiri) didampingi Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo (tiga dari kiri) mengecek sarana prasarana untuk mengantisipasi karhutla dalam kegiatan di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng, Rabu (31/3/2021). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Komandan Korps Brimob (Dankor Brimob) Polri Irjen Pol Anang Revandoko mengapresiasi inovasi yang diciptakan Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo beserta jajaran, terkait kesiapan mitigasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di provinsi setempat.

"Setelah dilakukan pengecekan terhadap inovasi dan kesiapan Polda Kalteng tadi diketahui bahwa telah mempersiapkan semua terkait penanganan karhutla, baik itu dari personel maupun sarana dan prasarananya, seperti inovasi Mobil Komodo sang pemburu api yang mampu memasuki medan yang sulit sekalipun," kata Anang di Palangka Raya, Rabu.

Mantan Kapolda Kalteng ini datang ke Markas Polda Kalteng dengan tujuan melakukan asistensi dan supervisi. Anang mengaku sangat bangga dengan apa yang sudah dilakukan Polda yang dulunya juga pernah ia pimpin tersebut.

Disamping itu, jenderal berpangkat bintang dua tersebut mengatakan, dengan adanya pemadam jinjing yang bisa dipergunakan personel dengan cara dipanggul juga sangat membantu saat karhutla melanda wilayah setempat.

"Ini tentu akan memberikan kemudahan bagi personel untuk memadamkan api secara cepat dan tepat karena portable (jinjing) tersebut bisa dipanggul, sehingga kobaran api dapat dipadamkan oleh personel yang sudah terlatih," ucapnya.

Anang menambahkan, kesiapan yang ditunjukkan Polda Kalteng juga didukung oleh semua pihak, baik itu TNI maupun Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng.

Untuk menangani persoalan karhutla, Polda Kalteng tidak bisa melakukannya sendiri. Perlu berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat dalam hal tersebut agar antisipasi yang disiapkan akan berjalan dengan lancar.

"Kami optimis, setelah melihat secara langsung kesiapan Polda Kalteng dalam menanggulangi karhutla, Provinsi Kalteng bisa terbebas dari ancaman karhutla yang selama ini sering terjadi," ungkap Dankor Brimob Polri itu.

Sekedar diketahui, pada kegiatan asistensi dan supervisi tersebut, Dankor Brimob telah mengecek semua sarana dan prasarana yang akan dipergunakan untuk menanggulangi persoalan karhutla di Lapangan Barigas Mapolda Jalan Tjilik Riwut Km 1 Kota Palangka Raya.

Baca juga: Pemkot belum pastikan pasar Ramadhan ada atau tidak di Palangka Raya

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar