Penipuan on-line makin marak, masyarakat Palangka Raya diimbau waspada

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Yudhi Karlianto Manan ,Kota Palangka Raya,Kalteng,Palangka Raya,penipuan online

Penipuan on-line makin marak, masyarakat Palangka Raya diimbau waspada

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Yudhi Karlianto Manan. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Yudhi Karlianto Manan mengimbau kepada masyarakat di daerah itu untuk mewaspadai aksi penipuan on-line di enam hari bulan Ramadhan semakin marak terjadi.

"Waspada bentuk penipuan melalui on-line dilakukan para pelakunya berbagai cara. Kalau kita sudah diantisipasi, maka hal tersebut tidak akan menimpa kita," kata Yudhi di Palangka Raya, Sabtu.

Anggota DPRD Palangka Raya menjelaskan, masyarakat mudah terpengaruh dengan adanya penipuan secara on-line itu diduga karena mata pencaharian mereka di tengah pandemi COVID-19 sangat terganggu.

Apalagi hanya dengan mengklik link yang kepastian tersebut belum sahi, masyarakat sangat mudah terpengaruh dengan hal tersebut karena ingin mendapatkan keuntungan dengan mudah.

"Warga kita sering saja mendapatkan link penipuan on-line itu melalui via chat whatsapp, kadang ada yang ditanggapi dan ada juga yang diabaikan, sehingga tidak masuk dalam perangkap para pelaku penipuan tersebut," ucapnya.

Baca juga: DPRD sepakat pemkot beri penghargaan untuk Eyger

Ia mengungkapkan, masyarakat juga jangan mudah meng klik link-link undian yang tidak jelas karena itu bisa membahayakan bagi diri sendiri.

Kuat dugaan ketika masyarakat mengklik link undian penipuan tersebut, maka data diri melalui handphone bisa diambil atau kloning sehingga pelaku kejahatan melancarkan aksinya menggunakan identitas diri warga yang namanya sengaja dicatut.

"Maka dari itu lebih baik ketika ada undian serta hadian melalui chat Whatsapp serta lain sebagainya lebih baik diabaikan daripada menimbulkan keresahan diri pribadi," bebernya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Palangka Raya itu juga menambahkan, apabila masyarakat ingin mendapatkan uang tentunya harus bekerja. Sebab, apabila berharap dari undian atau hal serupa lainnya, tentunya diduga kuat itu adalah aksi penipuan.

"Pada intinya kalau ingin dapat uang mari bekerja, kalau berharap dari undian serta lain sebagainya itu tidak mungkin apalagi di zaman seperti ini," tandasnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta atur jam operasional THM selama Ramadhan

Baca juga: Warga Palangka Raya diminta tak lengah dengan ancaman karhutla

Baca juga: COVID-19 makin marak, warga Palangka Raya diminta kurangi keluar rumah