Serap aspirasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Lamandau

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, bupati lamandau, hendra lesmana, safari ramadhan lamandau, kalteng, kalimantan tengah

Serap aspirasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Lamandau

Bupati Lamandau Hendra Lesmana menyerahkan bantuan dalam Safari Ramadhan di Kelurahan Kudangan Kecamatan Delang, Senin, (19/4/2021). (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah menggali informasi terkait kebutuhan prioritas masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan, hingga ke tingkat desa maupun kelurahan.

"Salah satunya kami lakukan melalui kegiatan Safari Ramadhan," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Selasa.

Safari Ramadhan pada tahun ini sudah pihaknya laksanakan beberapa kali, seperti di Desa Suja Kecamatan Lamandau, Desa Nanga Belantikan Kecamatan Belantikan Raya, hingga Kelurahan Kudangan Kecamatan Delang.

Dijelaskannya Safari Ramadhan menjadi sarana yang tepat bagi pemerintah dan masyarakat untuk menjalin silaturahmi, serta memperkuat kebersamaan. Termasuk menggali informasi pembangunan oleh pemerintah daerah.

"Kegiatan ini sekaligus menyerap aspirasi masyarakat. Melalui kegiatan ini kami juga banyak menerima informasi mengenai perkembangan pelaksanaan pembangunan," terangnya.

Adanya aspirasi masyarakat dari tingkat desa maupun kelurahan, maka akan memperkuat arah kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah agar tepat sasaran, sesuai kebutuhan di lapangan.

Hingga pada akhirnya pembangunan tingkat desa maupun kelurahan bisa termonitor dengan baik, termasuk kebutuhan masyarakat yang menjadi prioritas untuk diakomodir.

Selanjutnya Hendra menyampaikan, dalam kegiatan safari juga rutin disalurkan sejumlah bantuan baik hibah untuk rumah ibadah, hingga santunan bagi masyarakat yang berhak menerima.

Selain itu Safari Ramadhan juga dimanfaatkan sebagai sarana penguatan serta pembangunan mental spiritual masyarakat, yakni melalui ceramah agama yang disampaikan ustaz.