Eddy Raya: Pelarangan mudik upaya cegah lonjakan penyebaran COVID-19

id Eddy Raya: Pelarangan mudik upaya cegah lonjakan penyebaran COVID-19, Kalteng, barsel, Barito selatan

Eddy Raya: Pelarangan mudik upaya cegah lonjakan penyebaran COVID-19

Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri saat memeriksa pasukan pada apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2021 yang berlangsung di halaman Polres Barsel yang lama di Buntok, Rabu (5/5/2021). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan kebijakan pelarangan mudik lebaran ini merupakan upaya mencegah terjadinya lonjakan penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19).

"Karena substansi dari kebijakan pelarangan mudik oleh pemerintah adalah untuk mencegah terjadinya lonjakan penyebaran virus Corona," katanya saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2021 di Buntok, Rabu.

Menurut dia, untuk mendukung kebijakan pelarangan mudik ini, diperlukan kerjasama semua pihak agar lebih serius dalam melaksanakan tugas pengamanan dan bukan hanya sebagai rutinitas tahunan semata.

"Oleh karena itu, pentingnya pengawasan penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat ini, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik lebaran," katanya saat membacakan amanat Kapolri.

Dikatakannya, kebijakan pelarangan mudik tersebut penuh dengan pertimbangan, mengingat pengalaman tren kenaikan kasus pasca libur panjang terjadi peningkatan kasus sebesar 93 persen pasca pelaksanaan hari libur lebaran Idul Fitri pada 2020 yang lalu.

"Sedangkan peningkatan jumlah kasus COVID-19 secara nasional yang mengalami tren saat ini mengalami kenaikan sebesar 2,03 persen akibat dari adanya peningkatan mobilitas masyarakat selama Ramadhan," tambah dia.

Baca juga: Pos penyekatan dibangun di Barsel perketat pergerakan orang dari luar Kalteng

Sementara Kapolres Barito Selatan, AKBP Agung Tri Widiantoro menyampaikan, pada Operasi Ketupat Telabang tahun 2021 ini, pihaknya telah menyiagakan personel di tiga titik pos penyekatan dan satu pos terpadu.

“Hal ini sebagai upaya seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Barito Selatan mendukung kebijakan pemerintah terkait larangan mudik lebaran tahun 2021," kata Kapolres.

Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2021 yang berlangsung di halaman Polres Barsel yang lama tersebut dihadiri Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Dwi Tantomo.

Apel diikuti personel Polres, Kodim 1012 Buntok, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dari Dinas Kesehatan kabupaten setempat.

Baca juga: Bupati Barsel apresiasi PDAM bagikan sembako ke warga kurang mampu

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar