Legislator dorong peningkatan jalan pedesaan di Seruyan

id Dprd seruyan, jalan pedesaan, halimaung jaya, transmigrasi unit III, harsandi, kuala pembuang, kalteng, kalimantan tengah

Legislator dorong peningkatan jalan pedesaan di Seruyan

Legislator Seruyan Harsandi. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Harsandi meminta pemerintah kabupaten melalui instansi terkait juga mengoptimalkan pembangunan di wilayah pedesaan.

Salah satunya seperti membangun akses jalan pedesaan di Transmigrasi Unit III atau Desa Halimaung Jaya, kata Harsandi di Kuala Pembuang, Senin.

“Saya harap pemkab bisa membangunkan semenisasi jalan poros maupun gang kecil yang ada di wilayah tersebut," katanya.

Hal ini merupakan aspirasi langsung dari masyarakat setempat yang diharapkan bisa direalisasikan pemerintah.

Menurut dia, program semenisasi jalan yang ada di desa tersebut benar-benar dibutuhkan masyarakat, mengingat masih ada beberapa jalan maupun gang kecil yang masih menggunakan jalan setapak.

Ditambah lagi keadaan jalan setapak tersebut sebagian besar tanah liat sehingga saat musim hujan tiba akan menjadi lumpur dan menyulitkan masyarakat sekitar melewatinya, bahkan ada juga yang terjatuh karena licinnya jalan.

“Maka dari itu saya minta Pemkab Seruyan bisa menanggapi masalah ini, karena masih banyak jalan dan gang yang mesti disemenisasi di daerah tersebut,” ungkapnya.

Lanjut dia menjelaskan, terlebih saat malam hari dengan minimnya penerangan yang ada di sejumlah jalan tersebut membuat masyarakat semakin kesulitan jika berkendara melewatinya.

“Keberadaan jalan yang bagus akan sangat berpengaruh bagi mereka, baik untuk aktivitas sehari-hari maupun mengangkut hasil panen dan lainnya,” jelasnya.

Politisi Partai Golongan Karya itu menambahkan sesuai program prioritas pemkab yakni infrastruktur jalan, memang akses yang memadai sangat penting untuk memajukan kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini.

“Akses jalan tersebut tidak hanya antar kabupaten atau kecamatan saja tapi di desa juga sangat penting, sehingga pembangunan benar-benar merata dan masyarakat semuanya bisa menikmati apa yang telah dibangun,” demikian Harsandi.