Kesbangpol Kalteng minta masyarakat dukung pengembangan food estate

id Food estate kalteng, kesbangpol kalteng, food estate gunung mas, psn kalteng, proyeks strategis nasional, ketahanan pangan, pandemi covid 19, kalteng

Kesbangpol Kalteng minta masyarakat dukung pengembangan food estate

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalteng Agus Pramono. (ANTARA/M Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah mengajak masyarakat mendukung program pemerintah yakni pengembangan food estate.

Kepala Kesbangpol Kalteng Agus Pramono saat dihubungi di Palangka Raya, Senin, mengharapkan partisipasi dan dukungan semua pihak untuk menyukseskan program tersebut.

"Bersama-sama kita sukseskan food estate yang sedang dikembangkan di Kalteng ini," pintanya.

Selain food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas yang merupakan pengembangan pertanian secara terintegrasi dibawah Kementerian Pertanian, juga sedang dilaksanakan pengembangan food estate komoditas singkong di wilayah Kabupaten Gunung Mas.

Disampaikannya, berbeda dengan food estate di Pulang Pisau-Kapuas, pengembangan di wilayah Gunung Mas ini berada dibawah Kementerian Pertahanan.

Agus mengatakan, ragam program yang dicanangkan pusat di Kalteng ini, menjadi bukti dan sebagai bentuk keseriusan pemerintah mengoptimalkan pembangunan di daerah.

"Program-program tersebut menjadi peluang yang sangat baik bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan," paparnya.

Pihaknya pun mengimbau semua pihak, baik masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan dan lainnya, bisa memberikan dorongan positif terhadap program-program yang dinilai sangat strategis tersebut.

Hal ini juga sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional, melalui produksi berbagai komoditas di wilayah Kalteng.

Apalagi pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) masih berlangsung, maka keberadaan program-program ini sangatlah tepat dan dibutuhkan masyarakat. Diharapkan terus terjalin dan meningkatnya harmonisasi dan sinergi antar lini dalam menyukseskannya.

"Untuk itu salah satu yang saya tekankan disini, pentingnya sinergi dan koordinasi yang kuat antar lini, baik oleh pemerintah maupun masyarakat serta pihak terkait lainnya," tegasnya.

Jika ditemui kendala atau apa saja yang diperlukan, melalui koordinasi dan jalinan komunikasi yang baik, Agus meyakini setiap persoalan akan ada solusinya.

"Sama-sama kita membangun Kalteng dan sukseskan program-program strategis ini," tutupnya.