Bupati Kapuas serahkan bantuan 10 perahu untuk nelayan

id Bupati Kapuas serahkan bantuan 10 perahu untuk nelayan, Kalteng, Kapuas, nelayan

Bupati Kapuas serahkan bantuan 10 perahu untuk nelayan

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, saat menyalurkan bantuan perlengkapan perikanan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Sabtu (19/06/2021). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat, menyerahkan bantuan berupa 10 unit perahu atau kapal motor beserta alat tangkap ikan kepada kelompok nelayan di Desa Sei Jangkit, Kecamatan Bataguh.

“Bantuan yang diberikan ini, diharapkan untuk dapat digunakan dengan sebaik mungkin,” harap Bupati Ben Brahim S Bahat, usai menyerahkan bantuan, Sabtu.

Ben Brahim meminta bantuan berupa kapal atau perahu motor beserta alat tangkap ikan itu dijaga dan dirawat. Perahu-perahu itu harus dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha tangkap ikan di Kecamatan Bataguh.

Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini juga mengharapkan kelompok nelayan penerima bantuan ini untuk selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik bersama camat dan kepala desa setempat, terkait perkembangan usaha tangkap ikannya.

 “Jaga terus bantuan kapal dan alat tangkapnya ini. Gunakan dengan baik sehingga mendapatkan hasil sesuai apa yang diinginkan,” harap Ben

Bantuan ini diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas melalu Dinas Perikanan setempat, kepada kelompok nelayan penangkap ikan Fajar Lestari Desa Sei Jangkit, Kecamatan Bataguh, untuk membantu dalam mengembangkan usaha tangkap ikannya.

Penyerahan bantuan tersebut, disaksikan langsung oleh anggota DPR RI Ary Egahni Ben Bahat, Ketua DWP Kapuas Apollonia Septedy, Camat Bataguh Suryadin, jajaran kepala perangkat daerah Kabupaten Kapuas, para tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Kemenparekraf bantu Kapuas maksimalkan potensi wisata berbasis desa

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Darmawan mengatakan bahwa bantuan yang diberikan ini bersumber dari dana APBD Kabupaten Kapuas.

“Sebanyak 10 unit kapal/perahu motor beserta alat tangkapnya yang kita bagikan kali ini,” katanya.

Darmawan pun berharap, dalam pengelolaan usaha tangkap ikan nantinya, agar adanya koordinasi terus dengan Dinas Perikanan Kapuas, terkait perkembangan usaha tangkap ikan di wilayah Kecamatan Bataguh.

“Kami harap bantuan ini nantinya dimanfaatkan, diusahakan agar bisa berkembang dan bisa memberi nilai tambahan penghasilan untuk kesejahteraan para nelayan tangkap ikan, dan bisa menjadi contoh masyarakat lainnya untuk meniru perkembangan usaha tangkap ikan,” demikian Darmawan.

Baca juga: Pemkab Kapuas bersama TNI-Polri ajak warga ikut vaksin COVID-19