Perbanyak ruang bagi IKM dan UKM Kalteng untuk berkembang

id Ojk kalteng, ekonomi bangkit, ikm kalteng, ukm kalteng, pemulihan ekonomi nasional, pen, otto fitriandy, otoritas jasa keuangan, umkm, usaha kecil men

Perbanyak ruang bagi IKM dan UKM Kalteng untuk berkembang

Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy (kiri) didampingi Kadisdagperin Kalteng Aster Bonawaty saat mengunjungi galeri Dekranasda di Palangka Raya, Sabtu, (26/6/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah mendorong agar pemerintah daerah bersama instansi terkait lainnya, memberikan banyak ruang bagi pelaku usaha untuk bisa berkembang di tengah pandemi COVID-19.

"Seperti halnya yang dilakukan Dekranasda bersama Pemprov Kalteng yang memberikan ruang bagi pelaku usaha kuliner untuk memasarkan produknya lewat Pojok Dekranasda Festival Kuliner," kata Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy di Palangka Raya, Selasa.

Otto mengatakan, kegiatan seperti itu harus bisa ditingkatkan dan menjadi contoh bagi pihak lainnya. Sebab dukungan terhadap para pelaku industri kecil menengah (IKM) maupun usaha kecil menengah (UKM) sangatlah penting dilakukan.

Mengingat IKM dan UKM merupakan salah satu penggerak utama roda perekonomian masyarakat, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang masih terus melanda dan belum berakhir hingga saat ini.

Apabila IKM maupun UKM mampu bangkit, bertahan bahkan berkembang, tentu hal ini merupakan pencapaian yang baik, sesuai dengan upaya bersama pemerintah selama ini melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Bersama-sama kita berikan ruang yang memadai untuk mendorong agar IKM maupun UKM di Kalteng bisa terus bertumbuh ke arah yang positif," tuturnya.

Hal yang sama juga terus pihaknya lakukan, salah satunya seperti menggelar Festival Mitra UMKM binaan dari berbagai industri beberapa waktu lalu. Dalam kegiatan itu, OJK tak hanya memberi ruang bagi pelaku usaha mempromosikan maupun memasarkan produk, namun juga sekaligus menjadi sarana peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

Selain itu pihaknya juga pernah menggelar Palaku Jumat, yakni merupakan inovasi berupa pasar UMKM secara virtual. Melalui kegiatan itu, OJK membantu mempertemukan pelaku UMKM dengan para calon konsumen, baik dari Kalteng maupun luar daerah.

"Bersama-sama melalui ragam upaya ini, kami yakin perekonomian bisa bangkit di tengah pandemi," tegasnya.

Tak lupa, Otto juga mengingatkan semua pihak agar senantiasa mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, yakni dengan disiplin protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak, serta mendukung vaksinasi.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar