Berikut keterampilan yang wajib dikuasai di era digital

id Pemkab kobar, pangkalan bun, indonesia makin cakap digital, kalteng, palangka raya, kemampuan digital, era digital

Berikut keterampilan yang wajib dikuasai di era digital

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kotawaringin Barat, Kamis, (22/7/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Menghadapi perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang begitu masif di era digital, sejumlah keterampilan wajib dikuasai masyarakat agar tetap mampu bersaing dan tidak tertinggal.

"Setidaknya ada tiga keterampilan yang wajib dimiliki atau dikuasai," kata Founder ahliweb.com Unggul Cahya Saputra saat menjadi narasumber webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kotawaringin Barat, Kamis.

Meliputi keterampilan yang dilakukan oleh manusia, keterampilan pengelolaan berdasarkan data, serta keterampilan terkait teknologi.

Keterampilan yang dilakukan oleh manusia, yakni keterampilan kognitif atau berpikir serta sosial dan emosional.

Keterampilan pengelolaan data diantaranya memastikan kualitas data menghasilkan nilai, maupun mengumpulkan data terstruktur dan tidak terstruktur yang relevan dari banyak sumber.

"Keterampilan terkait teknologi terbagi dalam keterampilan dasar serta keterampilan tingkat lanjut," tuturnya.

Keterampilan dasar meliputi kemampuan mencari informasi, mengindentifikasi, mengevaluasi, serta menggunakan teknologi digital. Selain itu pemanfaatan kolaborasi platform.

Sedangkan keterampilan tingkat lanjut, meliputi kemampuan dalam memprogram, serta menganalisa data tingkat lanjut. Semua penjelasan ini ia kutip dari Adhib Rakhmanto yang merupakan seorang konsultan digital.

Lebih lanjut Unggul menyampaikan, hal lain yang perlu dikuasai di era digital yakni etika, budaya, serta kesiapan atau keamanan. Semua ini sangatlah penting dikuasai agar mampu mengoptimalkan pemanfaatan berbagai perkembangan di era digital.

Untuk itulah webinar Indonesia Makin Cakap Digital dilaksanakan sebagai gerakan literasi digital nasional, bertujuan agar masyarakat di seluruh penjuru tanah air mampu menjadi cakap digital.

Sebelumnya dalam webinar ini Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah juga menyampaikan dukungan pihaknya dalam menyukseskan gerakan literasi nasional digital sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang semakin cakap digital.

Diharapkan adanya kegiatan ini benar-benar mampu dimanfaatkan masyarakat secara optimal, guna menguasai berbagai hal yang diperlukan di era digital saat ini.

"Kami harapkan masyarakat semakin siap menghadapi berbagai tantangan di era digital saat ini," ungkapnya.