Wabup Seruyan dorong peningkatan produk UMKM di perdesaan

id Pemkab seruyan, iswanti, wabup seruyan, umkm seruyan, perekonomian

Wabup Seruyan dorong peningkatan produk UMKM di perdesaan

Wakil Bupati Seruyan Iswanti saat mengunjungi pelaku usaha kerajinan tas dari bahan purun di Kuala Pembuang. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti meminta agar kualitas produk yang dihasilkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di desa-desa setempat terus ditingkatkan.

"Agar dapat menghasilkan produk-produk yang mempunyai nilai jual dan diminati oleh konsumen," katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Peningkatan kualitas dari produk yang dihasilkan pelaku usaha di desa, bertujuan untuk semakin memudahkan pemasarannya.

Menurut Iswanti, terus berkembangnya hasil usaha masyarakat di desa, diharapkan meningkatkan perekonomian warga setempat. Apalagi di setiap desa ini sudah ada usahanya sendiri sesuai potensinya.

“Memang setiap desa sudah memiliki UMKM dengan usaha sesuai potensi di wilayah mereka masing-masing, jadi perlu kita dorong agar terus berkembang," harapnya.

Lanjut dia menjelaskan, dengan meningkatkan kualitas UMKM di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini, maka produk-produk atau karya yang dihasilkan akan lebih baik lagi dan dikenal secara luas.

Instansi terkait dan pihak swasta juga diminta mendukung pengembangan UMKM di Seruyan, sebagai salah satu cara meningkatkan perekonomian masyarakat agar bisa merujuk pada kesejahteraan.

“Dukungan itu bisa berupa pelatihan, salah satunya meningkatkan kualitas pengemasan agar lebih menarik dan bantuan modal untuk para pelaku usaha agar bisa mengembangkan usaha mereka,” ungkapnya.

Iswanti menambahkan, hal lain yang tidak kalah penting adalah memaksimalkan promosi dalam pemasaran produk seperti memanfaatkan media sosial.

“Kalau saya menyarankan untuk promosi itu selain secara langsung dengan konsumen, juga manfaatkan media sosial karena ini sangat efektif apalagi dana yang dikeluarkan untuk itu tidak banyak,” demikian Iswanti.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021