Masyarakat Kotim diharapkan semakin cakap digital

id Webinar indonesia makin cakap digital, gerakan nasional literasi digital, siber kreasi, kotim, kotawaringin timur, sampit, kalteng, teknologi informas

Masyarakat Kotim diharapkan semakin cakap digital

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kotawaringin Timur, Selasa. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diharapkan semakin cakap digital menghadapi perkembangan yang kian pesat khususnya di bidang teknologi informasi.

Untuk itu masyarakat diharapkan memanfaatkan secara maksimal Program Indonesia Makin Cakap Digital yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnoor di Sampit, Selasa.

"Program ini untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat dan mendorong tingkat kecakapan transformasi digital," terangnya.

Rangkaian kegiatannya yakni berupa webinar literasi digital yang terdiri dari sejumlah segmen, seperti budaya digital, keamanan digital, etika digital, serta kecakapan digital.

Ia menyampaikan, sesuai arahan presiden, pemerintah telah menyusun peta literasi digital. Pemerintah berkolaborasi dengan berbagai pihak, berupaya terus meningkatkan kecakapan digital masyarakat.

Untuk itu, melalui upaya peningkatan sumber daya manusia terkait digitalisasi ini, diharapkan masyarakat khususnya di wilayah Kotawaringin Timur semakin berkembang kemampuannya, serta lebih memahami tentang digitalisasi.

Semua elemen masyarakat diharapkan mendukung gerakan nasional literasi digital, sehingga sumber daya masyarakat di seluruh penjuru nusantara terus meningkat serta mampu bersaing di era digital.

Hingga pada akhirnya harapan Presiden Joko Widodo bisa terpenuhi, yakni memenuhi internet dengan berbagai konten positif serta memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Adapun dalam webinar Indonesia Makin Cakap Digital untuk wilayah Kotawaringin Timur kali ini hadir sejumlah narasumber, seperti Fadila Yahya seorang mentor, model, influencer serta publik speaker yang membahas tentang budaya literasi.

Kemudian seorang guru di Kota Sampit yakni Trisnawati membahas tentang keamanan digital, aktor Morgan Oey membahas tentang etika digital, serta guru dari SMA Negeri 1 Sampit Harsono yang membahas tentang kecakapan digital.