Pemkab Bartim-BSrE BSSN tandatangani kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik

id Pemkab bartim, bsre bssn, sertifikat elektronik, tanda tangan elektronik, digitalisasi, tamiang layang, kalteng

Pemkab Bartim-BSrE BSSN tandatangani kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik

Foto Dokumentasi - Kepala Diskominfosantik Barito Timur Dwi Aryanto (ketiga dari kiri) bersama Kabid Santik Ari Opu Pahandrian Migang (dua dari kanan) beserta jajaran usai penandatangan kerja sama dengan BSrE BSSN di Tamiang Layang, Kamis, (19/8).  (ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah telah menandatangani kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Kerja sama tersebut tentang pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik di lingkungan Pemkab Barito Timur,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Barito Timur, Dwi Aryanto di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, perjanjian kerja sama yang dilakukan secara daring atau online itu telah dilaksanakan pada Kamis (19/8) lalu. Adanya kerja sama itu, maka dokumen elektronik yang diterbitkan Pemkab Barito Timur memiliki kedudukan hukum yang sama dengan tanda tangan manual.

Selain itu, kata Dwi, para pejabat berwenang bisa melakukan tanda tangan dokumen digital walau berada di luar kantor atau daerah melalui sistem tanda tangan elektronik pada web Aplikasi e-Sign Barito Timur.

“Secara khusus, keuntungan dari kerja sama ini adalah otentikasi atau validasi dokumen dijamin oleh negara melalui sistem yang dikelola Badan Siber Sandi Negara RI,” jelasnya.

Dwi mengharapkan kerja sama itu dapat lebih meningkatkan sinergi dan kolaborasi sehingga program pemerintah pusat dapat diimplementasikan efektif ke kabupaten secara berkesinambungan, khususnya pemanfaatan sertifikat elektronik, serta program lainnya yang ada pada BSSN.

Diskominfosantik Barito Timur melalui Bidang Persandian dan Statistik (Santik) berupaya mewujudkan sistem tanda tangan elektronik di Barito Timur, melalui web Aplikasi e-Sign Barito Timur.

Apresiasi juga disampaikan kepada Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas yang sangat mendukung transformasi digitalisasi sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pemerintah dan masyarakat di Barito Timur.

Tanda tangan kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik antara Pemkab Barito Timur, dengan BSrE BSSN dilaksanakan Kamis (19/8) di waktu yang sama dan lokasi terpisah.

Pemkab Barito Timur diwakili Kepala Diskominfosantik Barito Timur, Dwi Aryanto didampingi Kepala Bidang Persandian dan Statistik Ari Opu Pahandrian Migang sekaligus menjabat Ketua Koordinator Tim Teknis Pembuatan Sistem e-Sign Barito Timur dan dari pihak BsrE BSSN di Jakarta dihadiri langsung Kepala BSrE, Rinaldy.