Mencegah kecanduan digital dengan kegiatan kreatif dan produktif

id Literasi digital, cakap digital, kapuas, kalteng, siberkreasi

Mencegah kecanduan digital dengan kegiatan kreatif dan produktif

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kapuas, Selasa, (31/8/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Peningkatan pemanfaatan ruang digital tentu juga berpotensi menyebabkan terjadinya kecanduan digital pada masyarakat apabila tidak memiliki kontrol yang baik.

Sejumlah hal dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah dirinya mengalami kecanduan digital, kata Kornelia Meilinda Betsyeba saat menjadi narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kapuas, Selasa.

"Salah satunya dengan memperbanyak kegiatan kreatif dan produktif," jelasnya yang merupakan Puteri Indonesia Intelegensia 2016 tersebut.

Masyarakat didorong bisa menciptakan kegiatan yang sifatnya kreatif dan produktif, sehingga tak hanya terfokus dalam ruang digital dan mencegah terjadinya kecanduan.

Kegiatan kreatif dan produktif ini, diantaranya seperti berkebun, memasak, olahraga, membaca serta banyak hal lainnya yang bisa dilakukan.

"Beberapa hal tersebut hanyalah contoh, masyarakat dapat melakukan banyak hal yang sifatnya kreatif dan produktif," ungkapnya.

Kreatif dan produktif disini, yakni kegiatan yang sifatnya positif serta tentunya memberikan manfaat tambahan. Misalnya dengan membaca, seseorang dapat menambah pengetahuan serta membuat dirinya dapat bersantai sejenak dengan 'me time'.

Lebih lanjut ia menjabarkan, untuk itu juga diperlukan pengaturan jadwal rutinitas harian serta disiplin menjalankan yang sudah terjadwal, sehingga masyarakat bisa mencegah kecanduan digital.

Sementara itu dalam webinar tersebut juga hadir sejumlah narasumber lainnya, seperti 'master of hypnotist' Romy Rafael membahas tentang kecakapan digital, Sekprodi PSDKU Ilmu Hukum Kuala Kapuas Universitas Cahaya Bangsa Suryadi membahas keamanan digital, serta seorang 'master of ceremony' Rahma Fitri Awal membahas tentang etika digital.

Dalam kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Kapuas, juga terus mendorong agar masyarakat di wilayah setempat meningkatkan kemampuannya di era digital seperti saat ini, salah satunya melalui Webinar Indonesia Makin Cakap Digital.

Wakil Bupati Kapuas Nafiah Ibnor mengharapkan masyarakat Kapuas semakin cakap digital, sehingga pada akhirnya mampu mewujudkan harapan presiden yakni memperbanyak konten-konten positif dan bermanfaat dalam dunia digital seperti halnya media sosial.

"Kami berharap kegiatan ini diikuti masyarakat Kapuas, agar semakin maju menuju digitalisasi," terangnya.