Diperlukan peran serta masyarakat tekan penyebaran COVID-19

id Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Wahid Yusuf, DPRD Kota Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalteng ,Waket DPRD Kota Palangka

Diperlukan peran serta masyarakat tekan penyebaran COVID-19

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Wahid Yusuf. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Wahid Yusuf menyatakan diperlukan peran serta masyarakat dalam menekan angka penyebaran COVID-19 di wilayah ini.

"Selain pemerintah, peran serta masyarakat cukup besar dalam menangani persoalan pandemi menekan angka penyebarannya," kata Wahid di Palangka Raya, Rabu.

Dia menuturkan, pemkot setempat melalui instansi terkaitnya serta Satgas Penanganan COVID-19 juga sudah gencar melakukan berbagai upaya dalam menekan penyebaran wabah tersebut.

Wakil rakyat Palangka Raya itu mengatakan, dengan menyikapi masih tingginya angka penyebaran virus Corona di 'Kota Cantik' julukan Palangka Raya, masyarakat juga disarankan untuk mengurangi mobilitas di luar rumah.

"Yang terpenting adalah perketat penerapan protokol kesehatan ketika beraktivitas, karena kunci utama memutus mata rantai penyebaran wabah itu di tengah pandemi adalah prokes," katanya.

Orang nomor dua di lingkup DPRD Kota Palangka Raya tersebut menegaskan, bahwa sanya pemkot dan kalangan legislatif di daerah itu tidak bosan-bosan menghimbau kepada masyarakat agar selalu mentaati prokes.

Dengan prokes yang ketat seperti menggunakan masker, menjauhi kerumunan, perbanyak mencuci tangan, jaga jarak maka wabah yang selama ini cukup mengganggu aktivitas warga itu, tidak akan berkembang di daerah ini.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya: Usulan reses mengacu skala prioritas

"Tingkat kesadaran masyarakat di Kota Palangka Raya sudah cukup tinggi terkait prokes, meskipun masih ada ditemukan warga yang terjaring razia masker ketika tim Satgas COVID-19 melaksanakan kegiatan di sejumlah titik," bebernya.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, saat ini sejumlah pihak juga terus bahu membahu dalam memerangi persoalan COVID-19. Bahkan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat dan memperkuat pelaksanaan vaksinasi untuk warga di kota setempat.

"Satu hal penting yang harus diketahui, pandemi ini belum berakhir maka dari itu semua harus berperan dalam memutus dan menghentikan penyebaran virus COVID-19 ini di daerah kita," demikian Wahid.

Baca juga: Warga bantaran Sungai Kahayan diminta waspadai peningkatan debit air

Baca juga: Legislator Palangka Raya ingatkan pentingnya merawat dan membersihkan drainase