Legislator Palangka Raya ingatkan pentingnya merawat dan membersihkan drainase

id Dprd palangka raya, ruselita, drainase, banjir, genangan air, kalteng

Legislator Palangka Raya ingatkan pentingnya merawat dan membersihkan drainase

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Palangka Raya mengerahkan petugas untuk membersihkan drainase di sejumlah titik di kota setempat, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Ruselita mengingatkan semua pihak untuk merawat dan membersihkan drainase di sekitarnya, terlebih saat musim hujan.

"Perawatan drainase ini penting guna mencegah penurunan fungsi, apalagi intensitas hujan dalam beberapa hari ini juga cukup tinggi," kata Ruselita di Palangka Raya, Senin.

Dijelaskannya salah satu penyebab timbulnya genangan air di beberapa titik pada ruas jalan Palangka Raya khususnya saat intensitas hujan tinggi, sejauh ini lebih dikarenakan saluran drainase yang tidak berfungsi optimal.

Srikandi yang tergabung di Komisi B DPRD Palangka Raya tersebut menegaskan, untuk itu sebaiknya masyarakat juga membantu pemerintah dengan menjaga fungsi drainase di sekitarnya.

Hingga pada akhirnya ketika hujan turun dengan intensitas cukup tinggi, drainase tetap bisa berfungsi optimal. Hal ini untuk mencegah meluapnya air saat intensitas hujan tinggi, akibat drainase tidak berfungsi dengan baik.

"Sistem drainase yang tidak berfungsi selain menimbulkan genangan air, di sisi lain dapat menimbulkan kerusakan badan jalan," bebernya.

Ia juga mendorong agar masyarakat bersama-sama rutin membersihkan lingkungan sekitarnya, termasuk membersihkan sampah-sampah maupun lumpur pada drainase yang dapat menyebabkan sumbatan pada saluran.

Ruselita mengatakan, tidak bisa dipungkiri drainase yang kerap tersumbat menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan air.

"Semoga saja tahun ini tidak ada pemukiman warga yang dilanda banjir saat hujan turun dengan intensitas tinggi," harapnya.

Dengan tetap menjaga lingkungan agar selalu bersih, selain untuk memastikan drainase berfungsi optimal, juga sebagai penunjang kesehatan masyarakat.