Polresta Palangka Raya mulai gencar latihan dalmas hadapi Pilkada 2024

id Polresta Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng ,Dalmas ,Ipda Roedi Yoelianto,Pilkada Kalteng 2024

Polresta Palangka Raya mulai gencar latihan dalmas hadapi Pilkada 2024

Personel Polresta Palangka Raya melaksanakan pelatihan dalmas di halaman Mapolresta setempat, Senin (6/5/2024). ANTARA/Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Satuan Samapta Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah mulai gencar melaksanakan latihan pengendalian massa (dalmas) di halaman Mapolresta setempat untuk menghadapi Pilkada 2024.

Kabag Bin Ops Sat Samapta Polresta Palangka Raya, Ipda Roedi Yoelianto di Palangka Raya, Senin, mengatakan tujuan latihan dalmas tersebut untuk meningkatkan keterampilan  Danton dan pasukan dalmas ketika melakukan pergerakan.

"Adapun gerakan yang kami latih tadi yakni sikap pokok, sikap siaga, sikap tangan berkait, pegang tali dalmas awal," kata Roedi Yoelianto yang juga saat itu memimpin latihan dalmas tersebut di halaman Mapolresta Palangka Raya.

Dia menuturkan, selain itu pula para personel juga melakukan gerakan tongkat samping, desak maju tiga langkah, dorong maju 10 langkah, maju jalan langkah tak terbatas dan sikap berlindung.

"Gerakan-gerakan tersebut sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang wajib dilatih oleh personel kita, sehingga ketika terjadi gangguan massa di lapangan langkah-langkah yang dipelajari sudah jelas sesuai gerakan latihan tersebut," ucapnya.

Baca juga: Palangka Raya perluas jaringan KIM untuk tingkatkan literasi digital

Selain personel Polresta Palangka Raya melaksanakan pelatihan dalmas awal, dalmas lanjutan dan tim negosiator yang diikuti sejumlah Polwan Polresta setempat juga dilakukan.

Hal tersebut tentunya juga memang masuk dalam strategi dalmas awal sehingga nantinya apa yang sudah mereka latih, bisa dipraktekkan di lapangan apabila ada terjadi gangguan keamanan dalam jumlah massa yang cukup banyak.

"Kami yakin dengan berlatih maka kami juga akan terbiasa, sehingga dalam bertindak nantinya sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku," bebernya.

Melalui kegiatan pelatihan dalmas tersebut kepolisian setempat juga mempersiapkan diri agar lebih siap untuk menghadapi berbagai potensi gangguan yang kemungkinan yang terjadi saat Pilkada serentak pada 27 November nanti.

 Kota Palangka Raya nantinya akan melaksanakan dua pemilihan yakni Pemilihan Wali dan Wakil Wali Kota Palangka Raya dan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya-BNNK perkuat peran sekolah terapkan P4GN

Baca juga: Golkar Kalteng survei bacalon Pilkada 2024

Baca juga: Peringati May Day, PLN beri bantuan ratusan pekerja pasar dan pelabuhan