Anggota DPRD Seruyan minta penempatan tenaga penyuluh perikanan merata

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng

Anggota DPRD Seruyan minta penempatan tenaga penyuluh perikanan merata

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, (22/3/2021). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah setempat, agar penyebaran atau penempatan tenaga penyuluh perikanan dilakukan secara merata.

"Permintaan itu karena wilayah ini kaya dan melimpah sumber daya perikanannya," kata Bejo di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurut dia, pemerataan penempatan tenaga penyuluh perikanan setidaknya di setiap kecamatan ada. Sebab, keberadaan penyuluh itu sangat penting dalam mendukung dan memaksimalkan sektor perikanan.

"Itulah kenapa kami meminta kepada dinas terkait, agar dalam penempatan tenaga penyuluh perikanan ini bisa ditempatkan di setiap kecamatan yang berada di Seruyan," ucapnya.

Wakil rakyat Seruyan  itu menyebut, kabupaten setempat merupakan salah satu daerah yang sangat kaya akan hasil produksi perikanan, baik itu tangkapan laut dan sungai maupun budidaya, sehingga kekayaan alam di bidang perikanan ini harus benar-banar bisa dimaksimalkan.

Dia mengatakan keberadaan atau kehadiran dari seorang tenaga penyuluh perikanan akan sangat dibutuhkan membantu para nelayan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di lapangan, sehingga mampu meningkatkan hasil produksi.

"Seruyan inikan terkenal akan potensi perikanannya, sehingga kehadiran penyuluh itu sangat penting membantu ataupun memberikan edukasi kepada nelayan kita. Jadi, sektor perikanan bisa lebih optimal," kata Bejo.

Baca juga: Pembahasan APBD-P 2021 Seruyan alami deadlock

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, dalam meningkatkan perikanan di Seruyan perlu juga dukungan dari pemerintah setempat melalui berbagai macam program di bidang perikanan seperti bantuan bibit, pakan dan pembuatan tambak ikan untuk nelayan budidaya.

Sedangkan untuk nelayan tangkap yang perlu dibantu itu seperti peralatan penunjang  dan alat transportasi mereka contohnya perahu kecil dan juga kapal nelayan.

"Saya yakin dengan adanya program tersebut hasil perikanan kita di Seruyan akan semakin meningkat dan tentunya nelayan bisa sejahtera," demikian Bejo.

Baca juga: Perbaiki Jembatan Penyompa penghubung antar kecamatan di Seruyan

Baca juga: Legislator Seruyan soroti pengadaan mobil seharga Rp2,5 miliar saat pandemi

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021