Mencegah kecanduan internet agar terhindar dari dampak negatif

id Literasi digital, webinar indonesia makin cakap digital, kapuas, kalteng, siberkreasi, kominfo

Mencegah kecanduan internet agar terhindar dari dampak negatif

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kapuas, Kamis, (30/9/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Masyarakat harus memahami penggunaan internet secara berlebihan dapat mengakibatkan kecanduan sehingga memberikan berbagai dampak negatif.

"Maka kita perlu mencegah agar tidak sampai mengalami kecanduan internet," kata Dosen IAIN Sultan Amai Gorontalo Akhmad Khoirul Fata saat menjadi narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis.

Dijelaskannya, kecanduan internet merupakan penggunaan internet secara berlebihan sehingga menyebabkan permasalahan psikologis pada seseorang.

Apabila seseorang kecanduan internet maka sejumlah dampak negatif bisa terjadi pada dirinya, seperti kecemasan, hubungan dengan orang lain terganggu, depresi, kinerja menurun, fisik menurun, mental menurun, hingga beberapa fungsi otak melemah.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menghindari kecanduan internet, diantaranya dengan mengatur dan membatasi waktu penggunaan gawai, misalnya dua hingga tiga jam per hari.

"Tidak menggunakan gawai saat berkumpul bersama saudara maupun teman," ungkapnya.

Hal lainnya yang dapat dilakukan yakni menentukan area bebas gawai, misalnya tidak menggunakan gawai saat berada di kamar mandi, dapur maupun kamar tidur, mengganti waktu penggunaan gawai dengan aktivitas yang lebih sehat, misalnya berolahraga, membaca buku dan lainnya, serta mengisi aktivitas berinternet dengan konten yang positif.

Ia pun mengingatkan agar masyarakat bisa terhindar atau mencegah kecanduan internet, sebaiknya juga mengetahui tanda kecanduan internet. Biasanya tandanya meliputi gejala psikologis dan fisik.

Untuk gejala psikologis yakni mengalami euphoria saat menggunakan komputer, tidak mampu mengehentikan aktivitasnya, memerlukan waktu tambahan dalam menggunakan komputer, berbohong kepada keluarga dan rekan kerja mengenai aktivitasnya, hingga mendapat masalah dengan sekolah atau pekerjaan.

Sedangkan gejala fisik, seperti mengalami tangan kesemutan, sakit, pegal ataupun lemas, mata kering, migren, gangguan pola makan, mengabaikan kesehatan, serta gangguan tidur.

Diharapkan masyarakat dapat lebih memahami bagaimana menggunakan internet dengan baik, sehingga terhindar dari kecanduan internet yang dapat merugikan.