Kopi Indonesia tembus pasar AS lewat sektor UKM

id Kopi indonesia,pasar as,Coffee expo,Kopi Indonesia tembus pasar AS lewat sektor UKM

Kopi Indonesia tembus pasar AS lewat sektor UKM

Ajang Specialty Coffee Expo 2021 di New Orleans, Amerika Serikat, Minggu (3/10). ANTARA/HO-KemenkopUKM

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah UKM Indonesia yang bergerak pada usaha kopi menembus akses pasar ke Amerika Serikat melalui ajang Specialty Coffee Expo 2021.

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Antar Lembaga sekaligus ketua delegasi Indonesia dalam pameran itu, Luhur Pradjarto, mengatakan pelaku UKM kopi difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM dalam upaya memperluas akses pasar produk kopi Indonesia.

“Saya berharap melalui pameran ini, kopi Indonesia akan mengalami peningkatan permintaan khususnya dari pasar Amerika Serikat serta negara lain”, ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu.

Pameran tersebut dianggap strategis bagi segmen pasar kopi Indonesia karena diikuti oleh kurang lebih 200 pelaku usaha produsen kopi dan peralatan pengolah kopi dari 30 negara antara lain dari Colombia, Guatemala, Honduras, Ethiopia, Puerto Rico, Turki, Rwanda, Belgia, dan Korea Selatan.

“Partisipasi pada event Specialty Coffee Expo 2021 ini bekerja sama dengan Atase Pertanian pada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC," katanya.

Lebih lanjut, dikatakan estimasi potensial ordersementara yang dapat dibukukan senilai 2,17 juta dolar AS atau lebih dari Rp31 miliar untuk jenis kopi arabika.

Sejumlah negara disebut telah melayangkan pemesanan dan sampel pemesanan, antara lain Turki, Arab Saudi, Peru, Jepang, Korea Selatan, Finlandia, dan Amerika Serikat.

Adapun sejumlah pelaku UKM sektor kopi yang hadir dalam ajang tersebut terdiri dari enam UKM dengan asal wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Utara.

Beberapa kopi jenis robusta dan arabika dari berbagai daerah ditampilkan dalam kesempatan itu, seperti Mandhailing (Sipirock Coffee – Koperasi Lestari), Toraja (PT. Madalle – Kopinta), Temanggung (Identix Coffee), serta Sundanika Coffee.

Baca juga: Menkop lepas ekspor biji kopi hasil koperasi di Subang ke Arab Saudi

Baca juga: Menteri Teten ajak petani kopi terdampak pandemi bentuk koperasi

Dalam kesempatan itu, Konsulat Jenderal RI Houston Andre Omer Siregar menyambut baik sinergi antar kementerian dalam penguatan pemasaran produk Indonesia khususnya sektor kopi ke pasar Amerika Serikat.

Selain menjadi salah satu upaya strategis untuk mengangkat citra produk kopi Indonesia di pasar internasional, namun juga membuka akses pasar lebih luas lagi bagi produk kopi unggulan dari berbagai daerah di Indonesia.

Ajang Specialty Coffee Expo 2021 berlangsung di Ernest N. Morial Convention Center, New Orleans, AS, mulai 30 September — 3 Oktober 2021.