Pentingnya pendampingan orang tua kepada anak dalam pemanfaatan internet

id Literasi digital, indonesia makin cakap digital, siberkreasi, kominfo, kasongan, katingan, kalteng, cakap digital

Pentingnya pendampingan orang tua kepada anak dalam pemanfaatan internet

Gambar tangkapan layar Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Katingan, Sabtu, (9/10/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pendampingan maupun pengawasan para orang tua terhadap anak-anaknya saat menggunakan internet sangatlah penting, guna menjamin keamanan digital yang dimiliki.

"Hal ini dilakukan untuk mencegah berbagai dampak negatif yang bisa terjadi," kata Kepala SMP Negeri 1 Katingan Hilir Salapuddin saat menjadi narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Katingan, Sabtu.

Adapun menurutnya, keamanan digital, yakni suatu konsep dan upaya memberikan perlindungan terhadap aset maupun informasi digital yang dimiliki individu atau kelompok.

"Keamanan digital diibaratkan sebagai bentuk pertahanan diri perangkat yang terhubung dengan akses digital," terang Salapuddin dalam kegiatan webinar yang digagas pemerintah pusat tersebut.

Masalah yang kerap terjadi saat ini pada anak-anak khususnya siswa, yakni banyak dari mereka yang tidak terlindungi dari konten negatif di internet. Sebagian besar sampai kepada anak-anak tanpa disengaja, yakni melalui pesan pop-up maupun link yang menyesatkan.

Selain itu masalah lainnya yang harus dicegah, yakni perkenalan dengan orang asing atau sosok yang baru dan kemudian langsung bertemu. Orang tua harus lebih berhati-hati tentang ini, guna mencegah dampak buruk seperti penculikan hingga tindakan asusila.

Oleh karenanya perlu perhatian khusus dan memberikan informasi atau pemahaman kepada anak-anak tentang risiko bahaya yang mungkin timbul dari pertemuan langsung dengan seseorang yang baru dikenal di dunia maya.

"Para orang tua termasuk guru, perlu mengetahui dan terlibat dalam program keamanan digital bagi siswa," jelasnya.

Kemudian para orang tua dapat mengajarkan anak-anak menjaga keamanan informasi yang dimiliki dan memastikan diri aman di dunia maya, yakni dengan menjaga kerahasiaan kata sandi dan menggantinya berkala, tidak sembarangan membagikan informasi pribadi, serta lainnya.

Sementara itu dalam webinar ini turut hadir narasumber lainnya, diantaranya Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Respati Yogyakarta Muhammad Solihin, hingga Sekretaris TP-PKK Katingan Endang Fatmawati.