Disdikpora Gunung Mas persiapkan SD hadapi ANBK

id Disdikpora Gunung Mas, Disdikpora Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas, Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Kalteng, Gumas, Kepala Disdikpora Gumas

Disdikpora Gunung Mas persiapkan SD hadapi ANBK

Para peserta pelatihan tenaga teknis ANBK jenjang SD se Gumas mengikuti pelatihan dengan serius, di Kuala Kurun, Kamis (14/10/2021). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, terus berupaya mempersiapkan sekolah dasar (SD) di wilayah setempat, dalam menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

"ANKB serempak dilaksanakan secara nasional,” ucap Kepala Disdikpora Gumas Esra dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Rosalia, saat membuka pelatihan tenaga teknis ANBK jenjang SD se kabupaten, di Kuala Kurun, Kamis.

Disdikpora Gumas mendukung penuh program Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dukungan itu dengan melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan berbagai pihak terkait.

Dia mengatakan, bentuk dukungan lainnya yakni dengan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan pihak Pusmenjar beberapa bulan lalu melalui bidang pembinaan SD.  Kemudian menindaklanjuti lagi secara berjenjang.

Tindak lanjut secara berjenjang dilakukan bersama koordinator pengawas, koordinator wilayah bidang pendidikan kecamatan, pengawas SD, kepala sekolah dan proktor atau teknisi ANBK se-Gumas.

"Kami sudah melakukan beberapa persiapan awal dalam mendukung pelaksanaan dan menyukseskan ANBK jenjang SD di Gumas. Pelatihan yang diselenggarakan hari ini adalah proses lanjutan," paparnya.

Dia pun mengingatkan kepada para peserta agar mengikuti dan memahami hal-hal terkait ANBK, serta mampu melaksanakannya di sekolah masing-masing sesuai petunjuk teknis ANBK jenjang SD tahun 2021.

Baca juga: Bupati Gumas: BPD dan kades jangan saling bertolak belakang

Kepala Seksi Kurikulum SD dan SMP Disdikpora Gumas Cendrawan mengatakan kegiatan ini diikuti oleh proktor atau teknisi ANBK SD yang merupakan perwakilan dari 12 kecamatan yang ada di Gumas.

Dia menyebut, hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah adanya kesamaan misi dan persepsi dari seluruh satuan pendidikan jenjang SD dan SMP se Gumas, terkait ANBK.

"Kemudian adanya persiapan oleh satuan pendidikan SD se Kabupaten Gumas terkait pelaksanaan ANKB tahun 2021. Diharap para peserta mampu menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh narasumber," demikian Cendrawan.

Baca juga: Disbudpar Gumas tampilkan 'Sendratari Harubuh Manugal' di PKD 2021