DPRD Palangka Raya ingatkan masyarakat jaga kebersihan drainase

id Dprd palangka raya, wakil ketua komisi b dprd palangka raya, arthur apriossi tuwan, lingkungan, dbd, banjir, drainase, musim hujan, kalteng

DPRD Palangka Raya ingatkan masyarakat jaga kebersihan drainase

Wakil Ketua II Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Arthur Apriossi Tuwan. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua II Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Arthur Apriossi Tuwan mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan, terlebih saat musim hujan.

"Beberapa hari ini curah hujan cukup tinggi, saya berharap masyarakat memelihara lingkungan sekitar, salah satunya memastikan kondisi drainase," kata Arthur di Palangka Raya, Kamis.

Dia menuturkan, kondisi drainase di sekitar tempat tinggal masyarakat harus diperhatikan dan dipastikan dapat berfungsi dengan baik ataukah tidak. Jika saat hujan turun dan air meluber ke jalan, maka hal seperti ini harus diperhatikan.

"Jangan menunggu terjadi dulu baru bergerak, lebih baik mengantisipasi. Jadi saat hujan turun, tidak terjadi genangan air," terangnya.

Politisi Partai Demokrat Kota Palangka Raya ini juga meminta kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW), mengajak masyarakat di lingkungan sekitarnya aktif gotong royong.

Gotong royong membersihkan lingkungan, karena kalau semua warga tergerak hatinya melakukan kegiatan bersih-bersih, tentu dapat mencegah terjadinya genangan air maupun wabah penyakit yang dapat membahayakan.

"Peran Ketua RT dan RW perlu dioptimalkan mengajak warga menjaga lingkungan di musim seperti ini," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk penyakit yang sering muncul di musim hujan diantaranya seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Semoga apa yang kita khawatirkan tidak terjadi dan masyarakat bisa selalu sehat serta terhindar dari berbagai penyakit," demikian Arthur.