Legislator harapkan kades berpartisipasi aktif awasi kedisiplinan pegawai

id Dprd seruyan, harry darmawan, asn, pegawai pedesaan, kepala desa, kades, pns, kuala pembuang, seruyan, kalteng

Legislator harapkan kades berpartisipasi aktif awasi kedisiplinan pegawai

Legislator Seruyan Harry Darmawan. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Harry Darmawan mengharapkan kepala desa berpartisipasi aktif dalam pengawasan kedisiplinan pegawai baik tenaga kesehatan, pendidikan maupun lainnya khususnya yang berada di wilayah pelosok atau pedesaan.

“Peran aktif kades sangat diperlukan untuk ikut mengawasi pegawai di wilayahnya masing-masing karena mereka yang mengetahui pasti hal tersebut,” kata Harry di Kuala Pembuang, Jumat.

Dia mengatakan, kades ini merupakan ujung tombak pembangunan maka seperti halnya kedisiplinan pegawai ini juga memang harus diperhatikan, sehingga para pegawai bisa maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring.

“Jadi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Seruyan sudah seharusnya kita memberikan pelayanan yang terbaik,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, khususnya daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun untuk pengawasan kedisiplinan pegawai tersebut tampaknya masih sangat minim.

Hal ini menurutnya, dikarenakan masih ada beberapa desa yang lemah dari sisi pengawasan tersebut, sehingga berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan kepada masyarakat.

Maka dari itu, ia meminta agar masalah pengawasan pegawai ini bisa lebih ditingkatkan terutama dalam memaksimalkan peran kades memantau dan memperhatikan masalah tersebut.

“Itu harus dilakukan, agar mereka bisa disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Kades harus proaktif memantau dan mengawasi,” tegasnya.

Dia menambahkan, pengawasan dari masyarakat langsung juga sangat diperlukan, sehingga dengan semakin banyak orang yang mengawasi tentu kedisiplinan para pegawai di pelosok bisa ditingkatkan sehingga pelayanan kepada masyarakat akan meningkat.

“Jadi kalau masyarakatnya juga aktif dalam pengawasan tersebut, saya yakin pelayanan kepada masyarakat akan meningkat,” demikian Harry.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021