Pemkab Kotim bebaskan PBB bagi veteran

id Pemkab Kotim bebaskan PBB bagi veteran, Kalteng, Bupati Kotim, Halikinnor, Sampit Kotim, Kotawaringin Timur

Pemkab Kotim bebaskan PBB bagi veteran

Bupati Halikinnor mengunjungi Sjahran, salah satu pengurus veteran di Kotawaringin Timur dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Senin (8/11/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Halikinnor memutuskan membebaskan veteran dari kewajiban membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) terhitung mulai 2022.

"Kita membebaskan mereka dari bayar pajak. Saya sudah menginstruksikan, mulai tahun depan khusus untuk veteran mereka kita bebaskan PBB maupun biaya berobat," ujar Bupati Halikinnor saat bersilaturahmi ke rumah pengurus veteran, Senin.

Halikinnor menjelaskan, kebijakan itu merupakan bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap para pahlawan pejuang yang mempertahankan negeri ini, termasuk para veteran.

Sambil menyerahkan tali asih dalam kunjungan memperingati Hari Pahlawan, Halikinnor menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas jasa-jasa para veteran yang merupakan representasi pejuang atas perjuangan mereka terhadap bangsa ini.

Pemerintah daerah sebagai generasi penerus akan berupaya semaksimal mungkin meneruskan perjuangan dengan mengisi pembangunan dan mengabdi kepada masyarakat.

Kebijakan membebaskan PBB dan biaya berobat, tidak seberapa harganya dibanding perjuangan para veteran yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk negara ini. Namun setidaknya itu merupakan wujud perhatian dan penghargaan pemerintah daerah kepada veteran.

Baca juga: Bupati Kotim kunjungi veteran ucapkan terima kasih

Untuk melaksanakan kebijakan itu, Halikinnor sudah menginstruksikan jajarannya berkoordinasi dengan Kodim 1015/Sampit yang menaungi para veteran. Dia berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaan program tersebut.

"Jumlah veteran yang ada di Kotawaringin Timur sebanyak 106 orang. Kondisinya sehat dan cukup baik, meski usianya sudah lanjut. Kami sangat menghargai mereka," ujar Halikinnor.

Sementara itu salah satu pengurus veteran, Sjahran menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah daerah. Dia mengaku terharu karena pemerintah masih memperhatikan para veteran.

"Kami berterima kasih karena perhatian pemerintah daerah kepada veteran sudah cukup baik. Perhatian ini tentu sangat berharga bagi kami," kata Sjahran.

Sjahran berpesan agar generasi muda memperbanyak kegiatan positif demi kemajuan daerah dan negara. Dia juga berpesan agar seluruh rakyat bahu-membahu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Legislator Kotim usulkan regulasi APBD realisasikan hasil musrenbang