Erick Thohir ajak BUMN buat 'event' di perhelatan G20 pada 2022

id Erick Thohir ,perhelatan G20 pada 2022,Erick Thohir ajak BUMN buat 'event' di perhelatan G20 pada 2022

Erick Thohir ajak BUMN buat 'event' di perhelatan G20 pada 2022

Menteri BUMN Erick Thohir. ANTARA/HO-Kementerian BUMN/pri

Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir bersama perusahaan-perusahaan BUMN akan membuat kegiatan (event) dalam perhelatan G20 pada tahun depan.

"Ini yang saya harapkan di saat G20 juga kita BUMN mesti berani maju dan benchmarking. Kita akan membuat event nanti di G20 untuk benchmarking dengan negara lain," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam Indonesia Human Capital Summits 2021 secara daring di Jakarta, Selasa.

Menurut Erick Thohir,  hal tersebut bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan BUMN.

"Yang lemahnya kita akan perbaiki, kita harus pastikan bahwa kita sebagai penyeimbang pasar, kita bisa melakukan intervensi dan kita sudah lakukan hal tersebut saat pandemi Covid-19, kita lakukan intervensi," ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

Selama pandemi Covid-19, Menteri BUMN Erick Thohir bersama perusahaan-perusahaan BUMN sudah melakukan berbagai intervensi dalam rangka membantu dan meringankan beban masyarakat Indonesia mulai dari subsidi listrik, intervensi harga Alat Pelindung Diri (APD), intervensi terhadap obat impor, mengatasi kelangkaan obat, hingga membagikan obat-obatan secara gratis bagi masyarakat.

Baca juga: Pengorbanan pahlawan terdahulu, inspirasi pahlawan masa kini, kata Erick Thohir

"Hal-hal ini saya harap tentu kuncinya kembali pada aspek human capital-nya," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima secara simbolis estafet keketuaan atau Presidensi Kelompok 20 (G20) pada Minggu, Roma, Italia, sehingga Indonesia untuk pertama kalinya akan menjadi ketua G20 yang merupakan forum global beranggotakan negara-negara penyumbang 80 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dunia.

Presiden Jokowi juga secara langsung mengundang para pemimpin dunia untuk melanjutkan diskusi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia yang rencananya digelar di Bali pada 30-31 Oktober 2022.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa keketuaan Indonesia dalam G20 akan mendorong upaya bersama bagi pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar "Recover Together, Recover Stronger." Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia dalam G20.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir jajaki kerja sama investasi dengan Qatar

Baca juga: Erick Thohir: Kerjasama Garuda - Emirates perkuat fokus layanan rute domestik

Baca juga: Cerita Erick Thohir soal kecintaannya kepada Inter Milan