Gubernur Kalteng cek kondisi masyarakat terdampak banjir

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, banjir kalteng, banjir palangka raya, kalteng

Gubernur Kalteng cek kondisi masyarakat terdampak banjir

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di tenda pengungsian warga terdampak banjir, Palangka Raya, Selasa dini hari, (16/11/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, pemerintah terus berupaya secara optimal dalam menangani banjir yang terjadi di wilayah setempat.

“Kami mengimbau warga untuk sabar dan pemerintah berupaya melakukan penanganan dan bantuan secara cepat terhadap kondisi banjir saat ini,” katanya di Palangka Raya, Selasa.

Sugianto mengecek kondisi tenda pengungsian masyarakat terdampak banjir di sejumlah wilayah di Kota Palangka Raya, guna memastikan secara langsung kondisi di lokasi sekitar banjir dan kesiapan tenda pengungsian warga.

Diketahui gubernur beranjak dari rumah jabatan pukul 00.00 wib, menuju ke wilayah Jalan Pelatuk II dan bertemu Wali Kota Palangka Raya Fairid Nafarin yang juga sedang mengecek kondisi banjir dan pengungsian warga.

Sembari melakukan pengecekan bersama, keduanya sekaligus berkoordinasi untuk melakukan upaya penanganan awal, baik kesiapan tenda pengungsian, kesiapan dapur umum, serta bantuan lain seperti selimut dan bahan pokok untuk keperluan secara darurat.

“Kebetulan bertemu wali kota di tenda pengungsian sekitar lokasi banjir. Kami berkoordinasi untuk penanganan awal, kesiapsiagaan membantu warga," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengarahkan BPBPK provinsi agar koordinasi dengan kabupaten/kota dalam upaya penanganan terhadap dampak banjir saat ini.

"Sama-sama kita berdoa, semoga banjir ini cepat surut,” ucapnya.

Sementara itu, tampak di lapangan Sugianto mendatangi warga yang sedang beristirahat dan berbincang dengan sebagian dari mereka yang masih terjaga. Di lokasi, gubernur juga didampingi Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng Erlin Hardi.

Selain itu, ia juga menuju SDN 1 Langkai, untuk mengecek dan memastikan adanya sarana membantu warga di pengungsian sementara hingga menuju ke kawasam Pelabuhan Rambang, Jalan Riau, untuk mengecek kondisi di wilayah Jalan Kalimantan dan sekitarnya.