DPRD Gumas berharap PKD bisa lestarikan semangat gotong royong

id Gunung mas,Gumas,DPRD Gumas berharap PKD bisa lestarikan semangat gotong royong

DPRD Gumas berharap PKD bisa lestarikan semangat gotong royong

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gumas Lily Rusnikasi bersama anggota DPRD Gumas Dewi Sari dan Sahriah menonton konten ‘Harubuh Manugal’ pada kanal YouTube @Budaya Saya, di kantor DPRD setempat, Rabu (17/11/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Lily Rusnikasi mengapresiasi pelaksanaan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) kabupaten yang menampilkan tradisi ‘Harubuh Manugal’ pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).

“Saya sudah menonton konten ‘Harubuh Manugal’ yang telah ditayangkan di YouTube. Saya harap konten tersebut bisa melestarikan semangat gotong royong masyarakat,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

Dikatakan olehnya, harubuh manugal adalah proses penanaman padi yang dilakukan secara bergotong royong, yang biasanya dilakukan oleh dua orang kepala keluarga dari kampung yang berbeda. 

Ciri khas dari tradisi ini adalah bergotong royong atau saling membantu, namun dibalas pada tahun berikutnya oleh kepala keluarga yang mengadakan harubuh manugal pada tahun sebelumnya kepada orang yang membantu.

Melalui konten harubuh manugal tersebut, ujar dia, diharap masyarakat kembali mengingat semangat gotong royong dan khusus generasi muda yang tadinya belum mengenal tradisi ini menjadi tahu dan bangga.

Oleh sebab itu, perempuan kelahiran Desa Tewang Pajangan, Kecamatan Kurun ini mengajak masyarakat untuk menyaksikan konten harubuh manugal yang bisa ditonton di kanal YouTube Budaya Saya.

Selain itu, dia juga berharap Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gumas bisa membuat konten yang mengangkat tradisi lain, karena suku Dayak di kabupaten setempat memiliki berbagai tradisi yang menarik dan harus dilestarikan. 

Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan ini juga berharap Disbudpar Gumas membuat konten lain yang mempromosikan pariwisata yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

“Promosikan melalui berbagai media, supaya masyarakat luas mengetahui berbagai destinasi wisata yang ada di Gumas,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini.

Untuk diketahui, PKD Gumas secara resmi telah ditayangkan di PKN pada Selasa (16/11), sebagai bukti partisipasi dalam kegiatan PKN 2021. PKD Gumas menampilkan tradisi harubuh manugal yang dikemas pada suatu konten.

Kepala Disbudpar Gumas Eigh Manto mengajak masyarakat untuk menyaksikan konten harubuh manugal, dan membagikan konten tersebut di berbagai media sosial, sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui budaya harubuh manugal.

“Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan konten harubuh manugal dapat mengunjungi website resmi PKN di https://pkn.id/ atau di https://www.youtube.com/watch?v=61gaFKLOPbk,” demikian Eigh Manto.