Pemkab Barito Utara berupaya sebagai daerah ramah berinvestasi

id bimtek lkpm online,barito utara,kalteng,sosialisasi oss bra barut,daerah ramah investasi

Pemkab Barito Utara berupaya sebagai daerah ramah berinvestasi

Sekda Barito Utara Muhlis membuka sosialisasi OSS BRA dan sosialisasi bimtek teknis tata cara pelaporan LKPM online bagi pelaku usaha di daerah ini, Muara Teweh,Selasa (23/11/2021).ANTARA/Dokumen Pribadi.

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimanan Tengah, berupaya dan bekerja keras untuk menjadikan di daerah ini sebagai wilayah ramah berinvestasi.

"Kami menyadari bahwa pemerintah daerah harus tetap bekerja keras untuk menjadikan Barito Utara sebagai wilayah ramah investasi," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam sambutannya dibacakan Sekretaris Daerah setempat Muhlis di Muara Teweh, Selasa.

Hal itu disampaikan melalui sosialisasi online single submission risk based approach (OSS BRA) dan sosialisasi bimbingan (bimtek) teknis tata cara pelaporan Laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) online bagi pelaku usaha di daerah ini.

Menurut dia, salah satu cara untuk menciptakan investasi yang sehat dan kondusif adalah dengan reformasi struktural, termasuk dengan reformasi sistem perizinan, penerapan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dan online single submission (OSS).

"Diharapkan efektif mengurangi birokrasi dan mempermudah pelaku usaha untuk merealisasikan investasinya," katanya.

Dia mengatakan, penyelenggaraan perizinan berbasis resiko (OSS RBA) secara online ini juga merupakan langkah strategi dalam mendorong perizinan mandiri secara online, juga merupakan peluang besar bagi pelaku usaha dalam mengurus perizinan-perizinan  dengan mudah karena dapat diakses melalu internet.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pelaku usaha dan UMKM, walaupun sampai saat ini keadaan kurang bersahabat, kita tetap semangat menghadapi pendemi COVID-19 ini, dan apresiasi juga kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) yang telah bekerja keras dalam melaksanakan tugasnya sehingga dapat terselenggaranya kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis ini," kata dia.

Dikatakannya, dengan model pelayanan berbasis online ini juga bisa meningkatkan sumber daya manusia dan ke depannya pelayanan perizinan akan semakin mudah, cepat dan tepat sehingga  semua dapat berjalan dalam koridor yang tepat berprinsif pada penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel, efektif dan efisien.
 
"Semoga sosialisasi dan bimbingan teknis ini dapat memacu dan memotivasi para pelaku usaha untuk terus berinvestasi dan membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja," ucapnya.

Selain itu,kata dia, untuk menciptakan iklim investasi yang sehat dan kondusif perlu adanya kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak. Tidak bisa dipungkiri bahwa investasi merupakan salah satu motor penggerak utama ekonomi masyarakat di tengah pandemi seperti saat ini di mana konsumsi masyarakat yang menjadi kontributor utama PDB (Product domistik Bruto) sedang melemah.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2021