Strategi pemerintah dalam transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi

id transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi,pandemi covid-19,endemi,Raden Pardede

Strategi pemerintah dalam transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi

Kemenkes: Pengakuan CDC bahwa Indonesia aman harus jadi motivasi

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menyiapkan strategi transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi, untuk Indonesia yang lebih kuat mengingat kehidupan harus terus berjalan dan seluruh masyarakat di Tanah Air harus bisa hidup bersama COVID-19.

"Saat ini belum ada yang bisa membuat kasus COVID-19 menjadi nol, sehingga mau tidak mau kita harus hidup bersama dengan COVID-19," ujar Sekretaris Eksekutif I Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Raden Pardede dalam Konferensi Virtual Indonesia Economic Forum di Jakarta, Selasa.

Dengan demikian, transisi akan dilakukan dengan mengutamakan penguatan di bidang kesehatan melalui beberapa strategi.

Strategi persiapan menuju transisi kepada endemi yakni pertama dengan mencapai vaksinasi yang tinggi untuk kelompok yang rentan, seperti lanjut usia dan orang dengan imun yang lemah karena akan berpengaruh kepada tingkat kematian.

Raden menyebutkan strategi yang kedua adalah mencapai vaksinasi yang tinggi untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity, sehingga setidaknya 70 persen masyarakat di Tanah Air sudah divaksin minimal dosis pertama dan 60 persen divaksin dua dosis penuh.

Ketiga, mengamankan ketersediaan vaksin dan obat-obatan dengan memfasilitasi riset dan pengembangan dalam negeri dan industri farmasi dalam memproduksi vaksin dan obat-obatan terkait COVID-19.

Keempat, meningkatkan kapasitas fasillitas kesehatan dan tenaga kesehatan.

"Jadi ini strateginya dan kami harap tahun depan kehidupan kita sudah bisa dinormalisasi bersama COVID-19," tutur Raden.

Meski begitu, ia mengatakan pemerintah tetap akan berhati-hati jika kasus COVID-19 akan kembali meningkat saat proses transisi menuju endemi, sehingga kebijakan gas dan rem akan tetap dilakukan meski pada masa transisi.

Selain itu, disiplin protokol kesehatan akan tetap dilakukan pada masa transisi agar dapat mencegah terjadinya peningkatan kasus kembali.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2021