Pemkab Lamandau optimalkan pengembangan kopi untuk tingkatkan perekonomian

id Pemkab lamandau, bupati lamandau, hendra lesmana, kopi lamandau, kopi robusta, kalteng

Pemkab Lamandau optimalkan pengembangan kopi untuk tingkatkan perekonomian

Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat tanam perdana kopi robusta di UPT Desa Kahingai, Jumat, (3/12/2021). (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah mengoptimalkan pengembangan tanaman kopi untuk membantu peningkatkan perekonomian daerah.

Untuk itu pada Jumat (3/12) lalu, Bupati Lamandau Hendra Lesmana beserta jajaran melaksanakan tanam perdana bibit kopi robusta di UPT Desa Kahingai dan pendanaannya dari APBN 2021.

"Ini merupakan salah satu program pemkab untuk memperkuat kemandirian ekonomi berbasis sektor unggulan dan kelestarian lingkungan hidup," jelasnya.

Untuk itu dalam implementasi perluasan tanaman kopi di Lamandau, telah dilaksanakan kesepakatan bersama antara pemerintah kabupaten dan instansi terkait lainnya.

Diketahui program perluasan tanaman kopi tersebut direncanakan 100 hektare dan terdiri dari bantuan bibit kopi sebanyak 100 ribu pokok.

Pengembangan kopi tersebut juga agar terbangun kebun tanaman kopi robusta, sebagai komoditas alternatif yang dapat memberi sumber pendapatan bagi masyarakat.

Untuk itu diharapkan dukungan dari semua pihak agar pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses, sehingga memberikan banyak manfaat bagi daerah dan masyarakat.

Dalam tanam perdana tersebut, Ketua TP PKK Lamandau Rusdianti Hendra Lesmana yang turut hadir juga sekaligus menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat.