Pemkab Gumas terus benahi Air Terjun Batu Mahasur

id Gunung mas,gumas,air terjun mahasur,Air terjun batu mahasur,wisata kalimantan tengah,berita kalteng

Pemkab Gumas terus benahi Air Terjun Batu Mahasur

Bupati Gumas Jaya S Monong dan istri Mimie Mariatie Jaya S Monong mengisi akhir pekan dengan mengunjungi Air Terjun Batu Mahasur di Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, awal Januari 2022. ANTARA/Dokumentasi pribadi

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten setempat terus berupaya melakukan pembenahan terhadap objek wisata Air Terjun Batu Mahasur.

“Master plan dan detail engineering design (DED) Air Terjun Batu Mahasur sudah kami susun. Selanjutnya pemerintah daerah akan berusaha agar DED dapat terlaksana,” ucap Kepala Disbudpar Gumas Eigh Manto saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Dikatakan olehnya,  pada tahun 2021 lalu Disbudpar Gumas sudah melakukan sejumlah pembenahan di Air Terjun Batu Mahasur, di antaranya pembangunan rumah jaga dan pemasangan closed circuit television (CCTV).

Pembangunan rumah jaga dan pemasangan CCTV bertujuan untuk mengawasi aktivitas para pengunjung Air Terjun Batu Mahasur. Keberadaan rumah jaga dan CCTV diharap dapat mencegah adanya aktivitas negatif di sana.

Selain itu, tutur dia, rencananya Disbudpar Gumas juga akan menambah sejumlah sarana pendukung seperti wc umum di bagian atas karena saat ini WC hanya berada di bagian bawah.

Kemudian, Disbudpar Gumas juga telah menyurati Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik kabupaten setempat agar memfasilitasi pemasangan jaringan Wi-Fi di objek wisata Air Terjun Batu Mahasur.

“Kalau jaringan Wi-Fi sudah masuk tentunya pengunjung lebih nyaman. Pengunjung bisa berswafoto dan langsung diunggah ke akun media sosial mereka, sehingga promosi menjadi lebih masif,” paparnya.

Lebih lanjut, bagi masyarakat yang berkunjung ke Air Terjun Batu Mahasur dikenakan tarif beragam. Pada hari libur, orang dewasa dikenakan tarif Rp5.000 dan anak-anak Rp2.000, sedangkan hari biasa orang dewasa dikenakan tarif Rp3.000 dan anak-anak Rp1.000.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan kabupaten setempat memiliki banyak objek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Batu Mahasur.

Selain itu, sambung dia, Air Terjun Batu Mahasur juga menjadi pilihan utama wisata keluarga yang ramah lingkungan. Terlebih di sekeliling lokasi air terjun terdapat pepohonan tinggi, sehingga menciptakan suasana yang teduh dan asri.

“Ke depannya Air Terjun Batu Mahasur juga bisa dijadikan objek wisata asri yang sangat unik, yang artinya tempat wisata alam yang berada di daerah perbukitan, tebing tinggi, dan hamparan sungai,” demikian Jaya.