Akmal terpilih secara aklamasi pimpin KNPI Barito Selatan

id Akmal terpilih secara aklamasi pimpin KNPI Barito Selatan, kalteng, barsel, Barito selatan, buntok

Akmal terpilih secara aklamasi pimpin KNPI Barito Selatan

Ketua KNPI Kalteng, Muhammad Alfian Mawardi menyerahkan pataka KNPI kepada Ketua DPD KNPI Barito Selatan terpilih yaitu Ahmad Akmal Husein saat Musyawarah Daerah (Musda) XV KNPI Barito Selatan di Buntok, Minggu (23/1/2022). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Ahmad Akmal Husein terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah periode 2022-2025 melalui Musyawarah Daerah XV Dewan Pimpinan Daerah KNPI setempat di Buntok, Minggu.

"Saya mengucapkan terima kasih atas amanah dan kepercayaan yang diberikan rekan-rekan semua sehingga bisa terpilih menjadi ketua KNPI," kata Akmal usai Musda XV KNPI Barsel.

Ia mengatakan, sebagai ketua KNPI terpilih dirinya akan merangkul semua unsur kepemudaan, baik kelompok maupun perorangan. Dia  berjanji mengedepankan rasa kebersamaan dalam setiap kegiatan kepemudaan.

Selain itu, dirinya akan mengoptimalkan peran pemuda dalam pelaksanaan pembangunan dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan, kemandirian dan jiwa wirausaha pemuda.

"Hal tersebut dilakukan agar pemuda bisa menjadi garda terdepan dalam memajukan kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini," ucap Ahmad Akmal Husein yang juga Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Barito Selatan itu.

KNPI Barito Selatan juga akan selalu berperan aktif sebagai agen perubahan terhadap masalah-masalah sosial. KNPI akan mengembangkan sikap peduli terhadap lingkungan masyarakat dan pembangunan.

"Untuk itu saya minta dukungan dari semua pihak agar semuanya bisa tercapai dan berjalan dengan baik, sehingga pemuda berperan untuk pembangunan di kabupaten ini," ucap dia.

Ketua KNPI Kalimantan Tengah, Muhammad Alfian Mawardi  mengucapkan selamat kepada Ahmad Akmal Husein yang telah terpilih menjadi Ketua KNPI Barito Selatan.

"Ketua terpilih diharapkan bisa bersinergi dengan KNPI Provinsi  dan Pemerintah Kabupaten," kata Alfian Mawardi.

Ia juga mengharapkan dengan terpilihnya kepengurusan yang baru, KNPI Barsel bisa membawa kesejukan serta memajukan para pemuda serta harus ada gebrakan sesuai dengan program yang ada.

"KNPI ini harus kita dengungkan dengan gerak progresif, mari kita jalankan roda organisasi ini sesegera mungkin agar para pemuda di Barsel bisa berkembang dengan baik," tambahnya.

Baca juga: Ideham terpilih kembali menjadi Ketua Karang Taruna Barito Selatan

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Barsel, Yoga P Utomo mengatakan, pembangunan di Barito Selatan memerlukan jiwa dan semangat para pemuda.

“Saya pertegas bahwa pembangunan di Barsel memerlukan kontribusi semua pihak untuk mengejar ketertinggalan dan semua itu memerlukan jiwa serta semangat para pemuda," terang Yoga P Utomo.

Dikatakannya, dengan terselenggaranya Musda ini juga menunjukkan kesiapan, kiprah dan peran para pemuda untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah. 

Menurut dia, tantangan kepengurusan baru tentu sudah jelas di depan mata. Untuk itu diharapkan kepengurusan yang baru dapat terus menghidupkan kegiatan kepemudaan. 

"Banyak tantangan yang akan dihadapi pengurus baru. Artinya mereka harus cakap dalam menghadapi tantangan zaman," kata dia. 

Yoga berharap besar kepada pengurus KNPI nantinya dapat memberikan sumbangsih pembangunan terutama dalam meningkatkan sumber daya manusia dan membangun ekonomi para pemuda.

Baca juga: Kapolres Barsel ajak lembaga adat dan ormas jaga kamtibmas

Baca juga: DPRD Barito Selatan ingatkan pemkab perhatikan hak-hak vaksinator

Baca juga: Bupati Barsel minta PPL terus dampingi petani