BPJS Ketenagakerjaan permudah pembayaran iuran melalui Agen BRILink

id BPJS Ketenagakerjaan permudah pembayaran iuran melalui Agen BRILink, kalteng, palangka raya

BPJS Ketenagakerjaan permudah pembayaran iuran melalui Agen BRILink

Peluncuran kanal pembayaran peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui Agen BRILink. ANTARA/HO-BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya

Palangka Raya  (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau yang disebut BPJAMSOSTEK mempermudah pembayaran iuran peserta melalui Agen BRILink.

"Fitur pembayaran iuran melalui agen BRILink ini kian melengkapi beragam kanal yang telah dimiliki oleh BPJAMSOSTEK," kata Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Kamis.

Dia mengatakan, penambahan pemilihan saluran pembayaran iuran, peserta akan semakin leluasa memilih kanal mana yang lebih mudah mereka gunakan. Kerja sama ini akan terus berlanjut, karena Bank BRI juga memiliki fokus yang sama, yaitu sektor UMKM dan pekerja informal.

Selain itu, kerja sama ini dilakukan karena Bank BRI memiliki 525.000 agen BRILink yang tersebar hingga ke pelosok kelurahan dan desa di seluruh Indonesia.

Secara resmi, sinergi antara BPJAMSOSTEK dan BRI telah dilaksanakan pada Selasa secara hybrid oleh Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin bersama Institutional and Wholesale Business Director Bank BRI Agus Noorsanto.

Pembayaran iuran melalui agen BRILink sangat mudah, untuk peserta Bukan Penerima Upah (BPU) cukup datang ke warung atau outlet Agen BRILink. Caranya dengan menunjukkan KTP atau kartu peserta dan membayar sesuai dengan nominal iuran yang tertera.

Selain itu agen BRILink juga melayani pembayaran iuran untuk pekerja Penerima Upah (PU). Caranya Pun hampir sama, peserta atau pengurus perusahaan cukup membawa kode iuran yang telah didapatkan dan membayar sesuai tagihan.

Zainudin pun optimis, kerja sama ini akan mendorong peningkatan jumlah kepesertaan BPJAMSOSTEK, khususnya pekerja BPU. Hal tersebut juga didukung adanya aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang memungkinkan pekerja BPU mendaftar menjadi peserta menggunakan gawai.

Dia pun mengajak seluruh pekerja segera mendaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK untuk memperoleh beragam manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Program itu meliputi perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian sebesar 48x upah hingga manfaat beasiswa bagi dua anak.

Baca juga: LKBN ANTARA-Dewan Pers gelar UKW di Palangka Raya

Selain itu, peserta yang ikut dalam program Jaminan Hari Tua (JHT) juga bisa mendapatkan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) berupa bunga ringan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) dan Pinjaman uang muka perumahan (PUMP).

Sementara itu, Agus Noorsanto menyatakan kesiapannya untuk mendukung BPJAMSOSTEK dalam menjangkau seluruh pekerja hingga daerah pelosok.

Kerja sama ini diharapkan bisa mempermudah pekerja, nggak usah datang ke kantor-kantor bank, cukup datang ke agen-agen kita yang letaknya rata-rata di pemukiman, dekat masyarakat sehingga mudah dijangkau.

"Saya kira itu akan sangat membantu bagi perluasan pemberian jaminan kepada para pekerja, baik penerima upah maupun bukan penerima upah," kata Agus.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya Budi Wahyudi mengatakan, pihaknya yakin bahwa para peserta BPU atau informal yang ada di wilayah Palangka Raya nantinya akan merasakan manfaat kemudahan membayar iuran.

"BPJAMSOSTEK akan selalu melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan dalam melayani para pekerja," demikian Budi.

Baca juga: DPRD Palangka Raya akan berkoordinasi ke Kemenpan-RB soal nasib PTT Pemkot di 2023

Baca juga: DPRD cek proyek pembangunan infrastruktur di Palangka Raya

Baca juga: Disdik Palangka Raya izinkan calon peserta UN laksanakan PTM