Wamenag resmikan alih status STAKN menjadi IAKN

id Wamenag, wakil menteri agama zainut tauhid saadi, stakn palangka raya, iakn palangka raya, pemprov kalteng, pendidikan kalteng

Wamenag resmikan alih status STAKN menjadi IAKN

Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi. (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi meresmikan alih status Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAKN) Palangka Raya, Kalimantan Tengah menjadi Institut Agama Kristen (IAKN).

"Alih status ini merupakan langkah strategis untuk memberikan peningkatan pelayanan pendidikan tinggi di lingkungan agama Kristen," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Ia mengharapkan, ke depan IAKN Palangka Raya terus mengawal berbagai perubahan yang terjadi, agar tidak tertinggal dengan berbagai perubahan global di dunia pendidikan.

Sementara itu Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko berharap IAKN memberi manfaat bagi kemajuan masyarakat.

Pemprov berharap keberadaannya sangat bermanfaat untuk menampung berbagai kegiatan berhubungan dengan proses belajar mengajar, maupun pengembangan ilmu.

"Hal ini untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kalimantan Tengah," katanya.

Selain peresmian alih status STAKN menjadi IAKN, kegiatan tersebut sekaligus peresmian gedung serba guna IAKN Palangka Raya.

Ia menyebut, pembangunan sarana prasarana pendidikan merupakan bukti nyata dalam mewujudkan Kalteng makin berkah.

Diresmikannya sarana prasarana pendidikan sebagai bentuk komitmen bersama dalam upaya melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan bermoral, sehingga bermanfaat dalam tujuan bersama.

"Kami juga mengapresiasi seluruh pihak atas dukungan, kerja sama, serta perjuangannya, hingga suksesnya peralihan status STAKN menjadi IAKN," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, salah satu prioritas pembangunan pemprov adalah sektor pendidikan, sebagai upaya mempersiapkan generasi penerus berkualitas dan berdaya saing.

Untuk itu pembangunan sektor pendidikan selama ini dilakukan secara merata dan proporsional, tak hanya di wilayah perkotaan namun juga pelosok desa.

Selain itu pembangunan sarana prasarana pendidikan, seperti melengkapi kebutuhan pembangunan misalnya kelas dan lainnya, terus diupayakan pemprov, baik melalui APBD maupun program pusat untuk daerah.

Maka diharapkan dukungan semua pihak, agar dunia pendidikan di Kalteng semakin maju dan terus berkembang.