Bantu UMKM bangkit, Pemkab Kobar gelar berbagai event

id Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah, Kotawaringin Barat, Kobar, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng, UMKM di Kotawaringin Barat

Bantu UMKM bangkit, Pemkab Kobar gelar berbagai event

Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah saat menghadiri Operasi Ketupat Telabang di Pangkalan Bun, kemarin. ANTARA/HO-MMC Kobar.

Pangkalan Bun, Kobar (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah menyatakan bahwa pihaknya sudah mulai memberikan wadah sekaligus menggelar berbagai event, agar para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten ini kembali bangkit dan meningkatkan produktivitasnya.

Event yang sudah dilakukan dalam membangkitkan UMKM dengan membuka bazar Begoyap di Pangkalan Bun Park serta pasar ramadhan di berbagai lokasi, kata Nurhidayah di Pangkalan Bun, kemarin.

"Kami juga akan membuka kembali berbagai event lainnya. Intinya, kami akan terus mengakomodir dan menyediakan wadah bagi UMKM untuk kembali bangkit," tambahnya.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Kobar itu mengakui kasus COVID-19 di wilayah setempat masih ada. Namun, dari perkembangan terbaru, penyebaran COVID-19 sudah mulai melandai. Untuk itu, Pemkab Kobar mulai fokus pada pemulihan dan peningkatan ekonomi masyarakat, terkhusus para pelaku UMKM yang selama COVID-19 mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas.

Nurhidayah mengatakan, keberadaan UMKM juga sangat penting dalam membantu masyarakat menghadapi ramadhan tahun ini. Sebab, dengan adanya pasar ramadhan dan bazar Begoyap, membuat masyarakat mudah mendapatkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

"Hasil pengamatan kami, secara perlahan UMKM sudah berjalan dengan baik. Kami berharap penjualan UMKM bisa terus meningkat dan sesuai dengan yang diinginkan. Dengan begitu, perekonomian di Kobar bisa kembali pulih seperti sebelum COVID-19," kata dia.

Baca juga: Pastikan mudik lebaran lancar, Bupati Kobar minta sinergi ditingkatkan

Selain membangkitkan UMKM, Pemkab Kobar juga sedang fokus memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang akan mudik di Hari Raya Idul Fitri Tahun ini. Sebab, pemerintah pusat telah memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik.

Nurhidayah mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah, TNI, Polri, Pengelola Bandara maupun Pelabuhan serta operator angkutan. Dalam koordinasi itu telah diingatkan dan diminta untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat yang akan mudik Idul Fitri.

"Koordinasi dan sinergi itu sangat diperlukan agar mudik lebaran dapat berjalan aman dan lancar serta selamat. Aspek keselamatan terhadap seluruh penumpang harus menjadi yang utama. Tak kalah penting, berikan pelayanan secara optimal kepada seluruh masyarakat," kata dia.

Baca juga: Bupati dan Perumdam Kobar kembali raih prestasi di tingkat nasional

Baca juga: Bupati Kobar: Perjuangan Bohap harus jadi motivasi menjaga lingkungan