Sambut Hari Tari Sedunia, ratusan seniman ramaikan Palangka Raya Menari #2

id Komunitas Budaya, Komunitas Budaya Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kalteng, Palangka Raya, Palangka Raya menari #2

Sambut Hari Tari Sedunia, ratusan seniman  ramaikan Palangka Raya Menari #2

Salah satu Komunitas Budaya di Kalteng menampilkan tarian di Palangka Raya menari #2, Jumat (30/4/2022). ANTARA/HO

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 200 lebih Pelaku Seni, Seniman yang tergabung dalam 22 Komunitas Budaya yang tersebar di kota maupun kabupaten di Kalimantan Tengah, terlibat dalam Pagelaran Seni dan Budaya Jilid II atau Palangka Raya Menari #2 di Betang Eka Tingang Nganderang.

Palangka Raya menari merupakan event tahunan yang diselenggarakan bertepatan dengan momen memperingati Hari Tari Sedunia pada tanggal 29 April setiap tahunnya, kata Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus pimpinan sanggar Seni Balanga Tingang Eka Noviana P Laman di Palangka Raya, Jumat.


"Acara lintas etnis dan wilayah dengan menyajikan ragam tari tradisi maupun kontemporer ini, juga bentuk apresiasi kepada pelaku dan seniman tari seluruh dunia serta ruang silahturahmi, agar tetap bersama-sama menjaga sekaligus melestarikan seni budaya," tambahnya.

Adapun 22 Komunitas Budaya yang terlibat dalam Palangka Raya #2 itu yakni SSB Bukit Kahias, Tunjung Nyaho, Darung Tingang, Marajaki, Antang Batuah, Kahanjak Huang, Riak Renteng Tingang, Sekar Jagat, Hagatang Tarung, Igal Jue, Bawi Bahalap, Layu Pintaruan (Kabupaten Bartim), Tingang Menteng, Barongsai Singa Langit, Dapur Tari Abib Igal, Institut Tingang  Borneo Teater, Borneo Lovely Line Taheta, Perkumpulan Silat Kuntau Dayak Haur Bahenda (Kabupaten Kapuas), T-Zee, Sangar Balanga Tingang, MC.Car Risza Haitami.

Eka mengatakan pagelaran ini terselenggara berkat dukungan Dinas Pariwisata Provinsi dan Kota Palangka Raya, UPT Taman Budaya, Lembaga Kebudayaan, Ketua Umum dan Pengurus DPW Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalteng, Pemerintah Kota Palangka Raya,  
Dewan Kesenian, tokoh masyarakat, seniman, budayawan, komunitas budaya, dukungan Hj Umi Mustikah, Ikatan Alumni Balanga Tingang, Sponsorhip dari ILY, media Patner serta berbagai elemen masyarakat lainnya.

"Kami sangat bahagia pagelaran Palangka Raya Menari #2 ini disaksikan secara antusias oleh masyarakat. Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dan respon antusiasnya. Semoga seni dan budaya Kalteng bisa terus terjaga dan lestari," demikian Eka.

Baca juga: Bupati Indramayu siap tampil menari topeng di HPN Kendari

Sementara itu, Ketua Umum DPW Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalteng, Natalia mengapresiasi kegiatan Palangka Raya Menari 2   ini. Dirinya juga mengapresiasi kerja keras panitia pelaksana yang sangat luar biasa dari Sanggar Balanga Tingang, serta semua pendukung acara serta pelaku seni, seniman dan komunitas yang bekerja keras dan sangat antusias mensukseskan acara peringatan hari tari sedunia tahun ini.


"KSBN sendiri berkomitmen penuh walau dengan kemampuan yang juga terbatas untuk mendorong kemajuan di bidang kebudayaan salah satunya adalah seni tari. Semoga kedepannya seluruh potensi yang ada di Kalteng semakin maju dan semakin berjaya," demikian Natalia.

Baca juga: Peringati Hati Kartini dengan menari selama 21 jam