Dukung keamanan pilkades di Pulpis, Sejumlah personel polisi disebar

id Kapolres Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, AKBP Kurniawan Hartono, Pulang Pisau, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Pilkades di Pulang Pisau, Pilkades Pu

Dukung keamanan pilkades di Pulpis, Sejumlah personel polisi disebar

Kapolres Pulang Pisau AKPB Kurniawan Hartono menyematkan tanda kepada personel gabungan yang ditempatkan di sejumlah desa yang melaksanakan Pilkades serentak dalam apel pergeseran pasukan pada Senin (16/5/2022). ANTARA/ HO-Humas Polres Pulang Pisau.

Pulang Pisau (ANTARA) - Kapolres Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, AKBP Kurniawan Hartono menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pergeseran sejumlah personel untuk pengawalan logistik dan pengamanan pemilihan kepala desa serentak 2022 yang dilaksanakan di 20 desa di kabupaten setempat.

Pilkades serentak dilaksanakan di 20 desa yang tersebar di lima kecamatan tersebut nantinya akan dikawal sekitar 100 personel Polres Pulang Pisau, kata Kurniawan di Pulang Pisau, Senin.

"Dari 20 desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada tanggal 18 Mei 2022 ini, total Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diamankan berjumlah 48 TPS," tambahnya.

Melalui apel pergeseran pasukan dan pengawalan logistik di halaman Polres setempat, kata Kurniawan, adalah untuk menunjukkan kesiapan seluruh personel bersama serta unsur terkait lainnya dalam melaksanakan tugas pengamanan, sehingga semua perencanaan yang telah disiapkan sebelumnya dapat berjalan optimal, aman, dan lancar.

Dia pun meminta kepada personel untuk mempersiapkan fisik dan mental dengan dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 

"Hindari sikap dan tindakan yang dapat menurunkan marwah Polri. Jadilah sosok penolong, sahabat, pelindung, pengayom, dan pelayan yang dicintai oleh masyarakat," pinta Kurniawan.  

Baca juga: Bupati Pulpis persilakan pimpinan OPD melapor jika merasa jenuh

Kurniawan juga menekankan kepada personel untuk menjaga netralitas sebagai aparat keamanan. Personel tidak boleh terlibat ikut dalam proses Pilkades. Selain itu tidak turut serta dalam bentuk apapun memberikan dukungan kepada calon kepala desa.

Menurutnya, kerjasama antara Polri dan TNI diharapkan bisa memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat agar pelaksanaan Pilkades bisa berjalan aman dan lancar. Partisipasi aktif juga dibutuhkan, baik dari masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan seluruh elemen yang ada di desa untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak 2022.

Hadir dalam kegiatan apel pergeseran pasukan dan pengawalan logistik, Sekretaris Daerah Tony Harisinta, Wakil Ketua DPRD Pulang Pisau HA Fadli Rahman, Dandim 1011/KLK, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kasat Pol PP, dan sejumlah PJU Polres Pulang Pisau. 

Baca juga: DPMD Pulpis: Antisipasi potensi gesekan antar pendukung dalam Pilkades

Baca juga: Keikutsertaan Pulang Pisau dalam FBIM tunggu hasil rakor