Konten sesat tentang konflik Ukraina akan di beri label peringatan

id Twitter ,ukraina,konten sesat,konflik ukraina,label peringatan twitter,Konten sesat tentang konflik Ukraina akan di beri label peringatan

Konten sesat tentang konflik Ukraina akan di beri label peringatan

Arsip Foto - Aplikasi Twitter terlihat di smartphone dalam ilustrasi yang diambil pada Selasa (13/7/2021). ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/am.

Jakarta (ANTARA) - Twitter akan mengingatkan pengguna bahwa cuitan yang bersangkutan telah melanggar aturan Twitter dengan memberikan label peringatan. Orang-orang masih dapat melihat dan mengomentari cuitan tersebut, namun fitur retweet akan dinonaktifkan.

Label peringatan akan disematkan pada konten menyesatkan mengenai konflik di Ukraina.

Twitter akan memprioritaskan pemberian label pada cuitan menyesatkan dari akun dengan profil tinggi seperti pengguna terverifikasi atau profil resmi pemerintah.

"Pendekatan itu bisa menjadi cara yang lebih efektif untuk mencegah bahaya, sambil tetap menjaga dan melindungi (kebebasan) berbicara di Twitter," kata kepala keamanan dan integritas Twitter Yoel Roth dikutip dari Reuters pada Jumat.

Selain itu, Twitter juga membatasi penyebaran klaim yang dibantah oleh kelompok kemanusiaan atau sumber kredibel lainnya.

Diketahui, Twitter memang tengah menerapkan kebijakan baru untuk mengatasi penyebarluasan informasi yang salah, termasuk seputar invasi Rusia ke Ukraina.

Twitter mengatakan, pihaknya mendefinisikan krisis sebagai situasi di mana ada ancaman yang dapat berdampak pada kehidupan, keselamatan fisik, kesehatan, atau penghidupan dasar.

Kebijakan itu awalnya akan fokus pada konflik bersenjata internasional, namun nantinya akan ditujukan untuk peristiwa lain seperti penembakan massal atau bencana alam.

"Garis waktu untuk pekerjaan ini dimulai sebelum perang di Ukraina pecah. Kebutuhan akan kebijakan ini menjadi sangat jelas ketika konflik di Ukraina berlangsung," ujar Roth.

Baca juga: Elon Musk akan buka blokir Trump di Twitter

Baca juga: Elon Musk digugat karena akuisisi Twitter

Baca juga: Twitter uji coba fitur mirip 'Close Friends' di Instagram