Pastikan tetap stabil, Disdagperinkop Kapuas terus awasi harga Bapok

id Kepala Dinas Disdagperinkop Kapuas, Apendi, Kabid Perdagangan Disdagperinkop Kapuas, Anita Sumarni, Disdagperinkop Kapuas, Kapuas, Kalimantan Tengah

Pastikan tetap stabil, Disdagperinkop Kapuas terus awasi harga Bapok

Kepala Bidang Perdagangan Disdagperinkop dan UKM Kabupaten Kapuas, Anita Sumarni bersama tim saat memantau bahan pokok di pasar besar Kapuas, Jumat (20/5/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, selalu rutin mengawasi harga dan ketersediaan bahan-bahan pokok yang dijual di sejumlah pasar di Kuala Kapuas.

"Ini dalam rangka untuk memastikan harga bahan pokok masyarakat di Kuala Kapuas, tetap stabil," kata Kepala Dinas Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Apendi melalui Kabid Perdagangan Anita Sumarni di Kuala Kapuas, Jumat.

Adapun tujuan dari pemantauan secara rutin tersebut dilakukan, untuk selalu menjaga stabilitas ketersediaan kebutuhan barang pokok yakni, turun langsung kelapangan guna melakukan pemantauan harga barang terhadap sub distributor atau pedagang usaha untuk mengetahui ketersediaan stok, tingkat kecukupan untuk dikonsumsi dan perkembangan harga serta ketersediaan kebutuhan barang pokok.

Dia mengatakan, langkah itu guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Disdagperinkop UKM Kabupaten Kapuas, kini juga sudah punya akun media sosial resmi yang sudah aktif sejak tanggal 17 Mei 2022, yang dapat diakses di Facebook (FB) www.facebook.com/Dagperinkopukmkps dan Intragram (IG) @disdagperinkopukm_kab.kps.

Kemudian, lanjut dia, untuk lebih luas lagi dalam berbagai informasi berkaitan dengan kebutuhan pokok dan pangan di Kabupaten Kapuas, pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, dalam rangka untuk menyampaikan informasi perkembangan harga bahan pokok di daerah setempat.

"Nantinya kami akan menjumpai Kepala Dinas Kominfo Kapuas, agar bisa berkolaborasi terkait penyampaian informasi perkembangan harga bahan pokok, khususnya melalui videotron. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat kita," demikian Anita Sumarni.

Baca juga: Pasca Lebaran, warga padati pelayanan di Disdukcapil Kapuas

Berdasarkan data dari Disdagperinkop dan UKM Kabupaten Kapuas, per tanggal 18  Mei 2022 mencatat, harga rata-rata kebutuhan pokok di daerah setempat, seperti  gula pasir curah harga jual Rp14.500 per kilogram, tepung terigu Rp12 ribu/ kg, daging sapi Rp150 ribu/ kg,cabe merah besar Rp50 ribu/kg, cabe merah kriting Rp60 ribu/kg, cabe rawit Merah Rp70 ribu/kg. Cabe rawit hijau Rp35 ribu/kg.

Kemudian, untuk bawang merah Rp45 ribu/kg, bawang putih Rp28 ribu/kg, bawang bombay Rp24 ribu/kg, minyak goreng sederhana kemasan Rp24 ribu/kg dan minyak goreng kemasan premium Rp25 ribu/kg. Daging ayam Rp33 ribu/kg, telur ayam Rp25 ribu/kg dan susu kental manis 370 gram Rp11 ribu/ kaleng.

Baca juga: Disnaker sebut jumlah para pencari kerja di Kapuas alami penurunan

Baca juga: Kembali raih WTP, Wabup Kapuas minta pengelolaan keuangan makin tertib