Legislator dorong Pemkot Palangka Raya semakin gencarkan promosi pariwisata

id Dprd palangka raya, yudhi k manan, pariwisata, budpar, palangka raya, kalteng

Legislator dorong Pemkot Palangka Raya semakin gencarkan promosi pariwisata

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Yudhi Karlianto Manan. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) -
Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Yudhi Karlianto Manan meminta pemerintah kota setempat menggencarkan promosi sektor kebudayaan dan pariwisata, di antaranya seperti sejumlah lokasi wisata di daerah itu.

"Baik melalui media massa, media sosial serta berbagai cara lainnya, dengan tujuan agar pariwisata di daerah setempat dikenal dan berkembang dengan baik ke depan," kata Yudhi di Palangka Raya, Kamis.

Apabila sektor pariwisata di Palangka Raya semakin berkembang, maka diyakini akan memberikan dampak positif terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Menurutnya, dalam beberapa waktu ini memang ada perkembangan berkaitan sektor pariwisata, salah satunya rumah makan bernuansa alam, sehingga pemandangan di lokasi sekitar bisa dijadikan untuk tempat berfoto.

"Memang rumah makan bernuansa wisata paling banyak berkembang dan bertambah di daerah kita, bahkan dengan adanya rumah makan tersebut geliat perekonomian daerah di tengah landainya penyebaran COVID-19 juga cukup ada peningkatan yang bagus," terangnya.

Legislator yang tergabung di Komisi C membidangi kesejahteraan masyarakat itu juga menegaskan, agar masyarakat mengetahui berbagai lokasi wisata andalan daerah, pengelola wisata dapat membuat peta wisata.

Dengan adanya peta wisata para pengunjung yang berasal dari luar daerah semakin mudah menuju ke lokasi wisata, meskipun selama ini pihak pengelola juga sudah gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui akun media sosial.

"Ya semoga saja dengan terus bertambahnya tempat wisata di Kota Palangka Raya, geliat perekonomian masyarakat terus meningkat sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga ikut meningkat," harapnya.

Ditambahkan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Palangka Raya itu, dengan adanya sejumlah lokasi wisata maka potensi PAD juga akan bermunculan, seperti pungutan parkir, hingga karcis masuk ketempat wisata.

"Palangka Raya PAD rata-rata bersumber dari pungutan pajak restoran atau rumah makan, hotel, retribusi parkir serta banyak lagi lainnya yang dapat digali instansi terkait," demikian Yudhi.