Polres Kapuas pastikan kesiapan tim dan sarpras hadapi bencana

id Polres kapuas, penanggulangan bencana, kebakaran hutan, kebakaran lahan, karhutla, kuala kapuas, banjir, kalteng

Polres Kapuas pastikan kesiapan tim dan sarpras hadapi bencana

Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono, mengecek perlengkapan Sarana Prasarana dalam rangka Penanggulangan Karhutla dan Banjir di Halaman Mapolres Kapuas, Selasa, (19/7/2022). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Polres Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar apel personel dan sarana prasarana dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta banjir di daerah setempat, Selasa.


 


"Apel tersebut untuk mengetahui sejauh mana kesiapan tim gabungan, baik dari kekuatan personel maupun sarpras yang dimiliki dalam mencegah dan menanggulangi bencana alam, khususnya karhutla serta banjir yang dapat terjadi setiap saat," kata Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono di Kuala Kapuas.


 


Dia mengatakan Kapuas seperti yang diketahui apabila musim kemarau dampak yang ditimbulkan kemungkinan adalah karhutla dan kabut asap, sedangkan musim hujan adalah banjir. Kondisi ini tentunya akan meresahkan dan merugikan masyarakat yang terdampak.


 


Melalui apel personel dan sarpras ini, lanjutnya maka tim gabungan perlu mengambil langkah antisipasi secara nyata, guna menyiagakan personel dan sarpras yang dimiliki dalam penanganan dan penanggulangan bencana.


 


“Kita satukan tekad untuk saling bahu-membahu membangun sinergi dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana," jelasnya.


 


Selain itu mengevaluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur yang terlibat, baik dari unsur TNI/Polri, pemda dan instansi terkait maupun ormas dalam menghadapi bencana yang akan terjadi.


 


Ia mengharapkan semua personel dan peralatan siap diturunkan ketika musibah tersebut benar-benar terjadi, dengan bertindak cepat dalam meminimalkan bencana alam, baik korban jiwa maupun materiil.