Bupati Lamandau ajak generasi muda teladani semangat juang pahlawan

id Pemkab lamandau, bupati lamandau hendra lesmana, nanga bulik, pahlawan, paskibraka, lamandau

Bupati Lamandau ajak generasi muda teladani semangat juang pahlawan

Bupati Lamandau Hendra Lesmana bersama jajaran Paskibraka di Nanga Bulik, Senin, (1/8/2022). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Nanga Bulik (ANTARA) -
Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengajak generasi muda di kabupaten setempat meneladani semangat juang para pahlawan untuk membangkitkan semangat nasionalisme.
 
"Memaknai dan meneladani semangat juang pahlawan ini tak kalah penting, dengan belajar dan memperdalam sejarah kebangsaan," katanya di Nanga Bulik, Senin.
 
Semangat juang para pahlawan yang harus diteladani, seperti memiliki ikatan persatuan dan kesatuan yang sangat kuat, tak pantang menyerah, hingga rela berkorban demi bangsa dan negara.
 
Untuk itu generasi muda harus melakukan semua secara berimbang, baik dari sisi pemahaman dan penyerapan ilmu pengetahuan, maupun dalam mempraktikkannya.

Baca juga: Pemkab Lamandau lindungi anak dari diskriminasi dan eksploitasi
 
Hendra pun mengingatkan generasi muda di Lamandau termasuk yang tergabung dalam Paskibraka, perjuangan saat ini bukan lagi berperang dan mempertaruhkan nyawa. Di masa kini, berjuang salah satunya adalah melawan hasrat dan keinginan diri terhadap pengaruh budaya luar yang bersifat negatif.
 
"Bersama-sama kita menjaga warisan para leluhur, menjaga persatuan dan kesatuan, serta membangun daerah maupun negeri ini dengan sebaik-baiknya," tegasnya.
 
Lebih lanjut kepada Paskibraka, dia menyampaikan, kebersamaan dan solidaritas yang dilakukan selama pemusatan pelatihan merupakan salah satu wujud lain dari cara menumbuhkan rasa nasionalisme.
 
"Sikap nasionalisme, paham dan semangat kebangsaan, salah satunya diwujudkan melalui penghormatan kepada simbol negara yakni bendera merah putih," jelasnya.
 
Menurutnya kesediaan, keberanian dan keikhlasan dalam mengemban tugas sebagai Paskibraka harus dilandasi dengan rasa cinta terhadap tanah air. Semangat ini juga diharapkan tak hanya ada saat menjadi Paskibraka, namun harus tetap diamalkan saat kembali ke tengah masyarakat.

Baca juga: 'Nawang Asha' bantu pemuda Lamandau tingkatkan kemampuan

Baca juga: Bupati Lamandau perjuangkan petani kelapa sawit di tingkat nasional

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2022