Wisata Air Hitam diharapkan jadi pariwisata andalan Kota Palangka Raya

id Wisata Air Hitam,Kalteng,Palangka Raya,Dermaga Kereng Bangkirai,Wisata Air Hitam didorong jadi pariwisata andalan Kota Palangka Raya

Wisata Air Hitam diharapkan jadi pariwisata andalan Kota Palangka Raya

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Norhaini. ANTARA/Adi Wibowo   

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Norhaini berharap pemerintah kota (pemkot) setempat untuk mendorong wisata air hitam yang terletak di kawasan Kelurahan Kereng Bangkirai, menadi andalan wisata di daerah itu
"Di kawasan wisata tersebut selain wisata air hitam juga memiliki keunikan Taman Nasional Sabangau. Kemudian juga banyak pengrajin purun sebagai produk UMKM lokal di Provinsi Kalteng," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Ia juga menuturkan, kawasan Kelurahan Kereng Bangkirai juga dinilai cocok sebagai menjadi desa wisata andalan, sebab di wilayah setempat juga salah satu pusat kerajinan purun unggulan di Kalteng.

Kemudian masyarakat setempat juga harus aktif dilibatkan, untuk membangun ekosistem pariwisata di masa yang akan datang. Maka dari itu perlu ada hal yang baru di lokasi wisata air hitam, agar tidak membosankan para pengunjung.

"Semoga pemkot setempat selalu mendukung pengembangan wisata air hitam Dermaga Kereng Bangkirai ini, sehingga akan terus eksis dan berkembang setiap tahunnya," katanya.

Srikandi dari Partai Golkar Palangka Raya itu menambahkan, dengan adanya potensi yang ada tentunya akan menjadi salah satu kawasan wisata andalan, sehingga masyarakat Kelurahan Bangkirai bisa mulai berbenah menghadapi kedepannya.

Salah satunya dimulai dengan menjaga kebersihan objek wisata. Kemudian itu warga sekitar juga bisa menggunakan hasil olahan rotan untuk dipromosikan kepada para pengunjung yang menikmati wisata air hitam tersebut.

"Saya harapkan masyarakat setempat berbenah dan harus melihat peluang usaha dari kerajinan tangan tersebut, karena dengan hal tersebut warga sekitar bisa menambah pemasukan kebutuhan keluarganya dengan kerajinan yang ada," katanya.

Norhaini juga meminta kepada Dinas Pariwisata Kota Palangka Raya agar gencar mempromosikan wisata andalan Kota Palangka Raya itu.

Dengan gencar tentunya wisatawan dalam negeri dan mancanegara apabila ke Palangka Raya, akan diarahkan ke lokasi setempat untuk menikmati susur sungai dan menikmati sunset di sore hari.