Bupati Bartim: Maknai HUT RI dengan menghargai jasa pejuang kemerdekaan

id Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas, Barito Timur, Bartim, Kalteng, Kabupaten Barito Timur, HUT RI, HUT Kemerdekaan RI

Bupati Bartim: Maknai HUT RI dengan menghargai jasa pejuang kemerdekaan

Paskibraka mengibarkan bendera merah putih saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Halaman Kantor Bupati Barito Timur di Tamiang Layang, Rabu (17/8). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengajak seluruh lapisan masyarakat di kabupaten setempat, agar memaknai hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 dengan menghargai jasa-jasa para pejuang kemerdekaan.

"Cara menghargainya dengan mengisi dan menyiapkan generasi muda yang kreatif, memiliki SDM handal dan berkualitas," kata Ampera usai menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-77 di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, generasi tua perlu menyadari bahwa generasi yang kreatif, memiliki SDM yang handal dan berkualitas akan mampu mewujudkan pembangunan yang adil dan sejahtera untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Demikian juga di Kabupaten Barito Timur. Kita seyogyanya bisa menciptakan generasi penerus pembangunan yg kreatif, dan jangan sampai generasi kita juga terjerumus narkotika dan obat-obatan terlarang," kata Ampera.

Dalam menyiapkan SDM, kata dia, diperlukan upaya yang matang dalam meningkatkan di dunia pendidikan secara bertahap hingga benar-benar bisa pendidikan yang diberikan berkualitas.

Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu juga mengingatkan generasi muda untuk mengisi kemerdekaan pada saat ini dengan tidak terlena dengan kecanggihan zaman di era digitalisasi ini, seperti bermedia sosial atau main gadget saja.

Baca juga: Bupati Bartim ajak seluruh pemangku kepentingan selaraskan program pembangunan

Tantangan terbesar saat ini dalam mempersiapkan generasi muda yakni dari bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang karena dapat merusak kesehatan dan akal sehat. Narkotika dan obat-obatan terlarang berefek sedatif seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, tingkat kesadaran menurun dan koordinasi tubuh terganggu. 

"Para pemuda pemudi bisa mengisi kemerdekaan pada saat ini dan seterusnya dengan hal-hal positif dan kreatifitasnya," kata Ampera.

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menjadi Inspektur Upacara pada upacara peringatan HUT RI ke-77 yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Barito Timur di Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur.

Upacara peringatan HUT RI ke-77 dihadiri FKPD Barito Timur, Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, Sekda Panahan Moetar, seluruh kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: Wabup Bartim optimistis Paskibraka sukses menjalankan tugas

Baca juga: Pemkab Bartim gencarkan penanaman jagung