Besok raider top dunia mulai jajal sirkuit Stadion Tuah Pahoe

id Raider Top Dunia,Kalteng,Palangka Raya,Atlet Mancanegara,UCI MTB Eliminator World Cup 2022,Besok raider top dunia mulai jajal sirkuit Stadion Tuah Pah

Besok raider top dunia mulai jajal sirkuit Stadion Tuah Pahoe

Atlet sepeda gunung dunia dari berbagai mancanegara disambut tarian adat khas Dayak kalimantan Tengah saat berada di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya, Rabu (24/8/2022). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Atlet mancanegara yang merupakan top raider dunia akan menjajal sirkuit Stadion Tuah Pahoe di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah dijadwalkan pada Jumat 25 Agustus 2022.

Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pusat Indra Dhani di Palangka Raya, Kamis, mengatakan peserta yang nantinya akan melaksanakan latihan di stadion untuk menghadapi hari H pada Minggu 28 Agustus 2022.

"Total atlet sepeda yang akan melaksanakan latihan di Stadion Tuah Pahoe  sebanyak 50 orang, itu juga sudah termasuk atlet dari mancanegara dan tim nasional Indonesia," katanya.

Sebenarnya atlet mancanegara yang sudah datang sejak Rabu (24/8) siang itu, akan menjajal sirkuit di stadion pada sore hari ini. Sayangnya top raider dunia itu keberatan apabila berlatih siang hari ini karena mereka sedang kelelahan.

Sejak mereka menginjakkan kakinya di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu sudah disambut dengan prosesi adat Dayak, tarian adat serta konvoi keliling alun-alun kota pada malam harinya.

"Latihan mereka akan dilanjutkan besok sejak pukul 13.00 WIB sampai selesai,"  jelas dia.

PB ISSI Pusat juga menuturkan, bahwa atlet mancanegara yang bertanding di UCI MTB Eliminator World Cup 2022 seri ke-8 di Kota Palangka Raya yang terkonfirmasi hanya 20 negara yang akan mengikuti.

"Sementara memang ada 20 negara yang nantinya akan bertanding di UCI MTB Eliminator World Cup 2022 ini," ungkapnya.  

Berbeda dengan atlet sepeda Timnas Indonesia yang datang lebih awal dibandingkan lawan-lawannya dari mancanegara, sudah berlatih dan menjajal medan sirkuit yang sengaja dipoles untuk para top raider yang siap unjuk gigi dalam kejuaraan dunia tersebut.

Untuk atlet sepeda gunung asal Indonesia yang ikut berlatih di Stadion Tuah Pahoe berjumlah sekitar 18 orang. jadwal mereka berlatih pagi dan sore hari.

Tidak hanya itu, besok juga panitia bersama aparat keamanan baik itu polisi serta instansi lainnya akan melakukan gladi bersih. Polda Kalteng rencananya akan menerjunkan 1.000 personel, agar gelaran ajang internasional tersebut dapat berjalan lancar dan aman sesuai dengan rencana.