Wali Kota Palangka Raya minta akademisi aktif terlibat dalam pembangunan

id wali kota palangka raya,fairid naparin,edy pratowo,iain palangka raya

Wali Kota Palangka Raya minta akademisi aktif terlibat dalam pembangunan

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) -
Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Fairid Naparin meminta kalangan akademisi semakin meningkatkan keterlibatan dalam pembangunan daerah.

"Kami minta akademisi dan perguruan tinggi di Kota Palangka Raya bersinergi dengan pemerintah untuk kemajuan dan percepatan pembangunan daerah," kata Fairid di Palangka Raya, Rabu.

Dia mengatakan, sinergi program perguruan tinggi dan akademisi itu dapat difokuskan dalam beberapa hal, salah satunya upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Nanti agar bisa bersinergi dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat di Kota Palangka Raya. Ini sesuai visi misi kami, yakni untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM di bidang pendidikan," katanya.

Baca juga: DPRD Palangka Raya apresiasi upaya pemkot antisipasi dampak kenaikan BBM

Apalagi, salah satu program utama Pemerintah Kota Palangka Raya yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) saat ini terkait peningkatan kualitas pendidikan.

Menurut kepala daerah termuda di Kalteng itu, di antara sumbangsih dan sinergi yang bisa dilakukan perguruan tinggi maupun akademisi ialah melalui penelitian sesuai kondisi dan keperluan daerah.

Sehingga, lanjut dia, hasil penelitian yang telah dilakukan bisa menjadi dasar atau pertimbangan pemerintah kota dalam menyusun serta menentukan kebijakan yang akan diambil. Pernyataan itu diungkapkan Fairid terkait pengukuhan guru besar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengatakan, pengukuhan kedua guru besar ini akan semakin menggelorakan semangat civitas akademika meningkatkan mutu pendidikan.

"Terutama bagi civitas akademika IAIN Palangka Raya, untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tingginya. Sehingga semakin mampu berkontribusi mencetak SDM Kalteng yang unggul dan berdaya saing tinggi," kata Edy.

Baca juga: IJTI dorong pengembangan kemampuan jurnalistik generasi muda di Kalteng

Baca juga: Polresta Palangka Raya gencar gelar simulasi pengamanan unjuk rasa

Baca juga: Pemkot Palangka Raya adakan pasar sembako murah untuk tekan inflasi