Tingkatkan produktivitas, Bupati Pulang Pisau beri kapal 3GT ke nelayan

id Bupati Pulang Pisau bantu nelayan, nelayan pulang pisau dibantu bupati, Kalimantan Tengah, Pudjirustaty Narang, Pulang Pisau, Kalteng, pulpis

Tingkatkan produktivitas, Bupati Pulang Pisau beri kapal 3GT ke nelayan

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang simbolis menyerahkan paket bantuan kapal 3GT kepada sebanyak 30 nelayan di dua kecamatan, Senin (12/9/2022). ANTARA/Adi Waskito.

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Pudjirustaty Narang mendorong nelayan di kabupaten setempat untuk ikut berperan dalam menggerakkan roda ekonomi, dan meningkatkan ekonomi keluarga ke arah yang lebih baik.

"Pemkab komitmen akan terus berusaha meningkatkan taraf hidup dan ekonomi bagi para nelayan. Salah satu yang dilakukan yakni memberikan bantuan yang diperlukan, meski jumlahnya masih sangat terbatas," kata Pudjirustaty di Pulang Pisau, Senin.

Dikatakan, sebanyak 30 nelayan penerima bantuan paket kapal 3GT dari Kementerian Kelautan, Pudjirustaty memberikan semangat kepada para nelayan, agar bisa terus meningkatkan hasil produksi ikan tangkapan sehingga bisa menunjang ketahanan pangan melalui ketersediaan ikan konsumsi bagi masyarakat. Selain itu, bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan.

Pudjirustaty meminta agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini bisa benar-benar dimanfaatkan oleh nelayan penerima tidak disalahgunakan dan diperjualbelikan, sesuai fakta integritas yang telah ditandatangani oleh nelayan penerima.

Dirinya mengakui bahwa jumlah bantuan yang diberikan masih terbatas dan masih belum bisa memenuhi jumlah nelayan di kabupaten setempat. Untuk itu, dirinya pun meminta Dinas Perikanan setempat tidak terbelenggu dan berdiam diri, tetapi lebih bekerja keras lagi membantu nelayan dengan mengajukan berbagai usulan-usulan yang dibutuhkan, baik bersumber dari anggaran pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau apresiasi unjuk kemampuan generasi muda

Melalui Dinas Perikanan setempat, Pudjirustaty menyerahkan sejumlah paket bantuan kapal 3GT kepada sebanyak 14 nelayan dari Kecamatan Maliku terdiri dari tujuh nelayan anggota KUB Tani ll Desa Badirih dan tujuh nelayan daru anggota KUB Ije Atei Desa Kanamit.

Bantuan nelayan di Kecamatan Sebangau Kuala diberikan kepada sebanyak enam nelayan anggota KUB Bakau Berkah Desa Sei Bakau, enam nelayan anggota KUB Paduran Sebangau Makmur. Empat nelayan anggota KUB Keluarga Harapan dari Desa Paduran Sebangau.

Paket bantuan terdiri dari bodi perahu atau badan kapal, mesin alkon kapasitas 9HP, alat tangkap jaring atau rengge, dan peralatan lain seperti senter dan jaket pelampung  yang bersumber dari dana DAK tahun 2022.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau soroti data 37 persen status pernikahan tidak tercatat

Baca juga: Pemkab Pulang Pisau permudah administrasi kependudukan melalui isbat nikah